27 January 2022, 13:36 WIB

Medvedev dan Tsitsipas Siap Bersaing Rebut Tiket Final Australia Terbuka


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

William WEST / AFP
 William WEST / AFP
Reaksi petenis Rusia Daniil Medvedev setelah menghentikan langkah petenis Kanada Felix Auger-Aliassime di perempat final Australia Terbuka. 

LAGA semifinal Australia Terbuka 2022 untuk sektor tunggal putra akan mempertemukan petenis nomor dua dunia Daniil Medvedev vs unggulan keempat Stefanos Tsitsipas, di Rod Laver Arena pada Jumat (28/1).

Dalam perjalannya menuju putaran semifinal, Medvedev yang tahun lalu gagal meraih gelar grand slam Australia Terbuka 2021 setelah kalah dari Novak Djokovic di babak final

Kali ini Medvedev berhasil melaju ke babak semifinal setelah menumbangkan petenis Kanada Felix Auger-Aliassime pada Rabu (26/1).

Juara Amerika Serikat Terbuka 2021 itu berjuang keras untuk lolos ke babak semifinal. Medvedev harus menyelesaikan pertandingan nyaris selama 5 jam dengan meraih kemenangan 6-7(4/7), 3-6, 7-6(7/2), 7-5, dan 6-4.

Menghadapi Tsitsipas di babak semifinal, ini akan menjadi pertandingan ulang semifinal Australia Terbuka 2021.

Pada tahun lalu Medvedev berhasil merebut kemenangan atas petenis Yunani itu dalam pertandingan tiga set langsung dengan skor akhir 6-4, 6-2 dan 7-5.

Dikatakan oleh Medvedev menghadapi Tsitsipas bukan lah hal yang mudah, menurutnya dibutuhkan fisik yang prima untuk dapat merebut kemenangan dari petenis berusia 23 tahun itu.

"Saya harus dalam kondisi terbaik untuk mengalahkannya," kata Medvedev dikutip dari ATPtour, Kamis (27/1).

"Saya akan berusaha untuk pulih sebaik mungkin, untuk siap bermain melawan Stefanos, karena dia pemain hebat,” jelasnya.

Itu akan menjadi pertemuan kesembilan kalinya bagi Medvedv dan Tsitsipas, di mana berdasarkkan catatan head to head mereka Medvedev unggul dengan kedudukan menang-kalah 6-2.

Meski Medvedev unggul dengan 6 kemenangan, tetapi petenis Rusia itu kalah dari Tsitsipas pada pertemuan terakhir mereka di Perempat Final Prancis Terbuka tahun lalu dalam pertarungan stright set 3-6, 6-7(3/7), 5-7.

Sementara Medvedev berjuang keras untuk mengamankan satu tempat di babak semifinal.

Tsitsipas justru meraih kemenangan dengan mudah yang mana dia menghempaskan petenis unggulan 11 dari Italia Jannik Sinner dalam pertarungan tiga set 6-3, 6-4, dan 6-2.

"Saya merasa seperti berada di zona terbaik saya saat ini," kata Tsitsipas terkait kemenangannya di perempat final.

Kendati tengah dalam performa terbaiknya namun Tsitsipas tak mau jemawa jelang pertarungannya melawan Medvedev di babak semifinal, dia menyatakan bahwa dirinya dan Medvedev pasti akan menampilkan yang terbaik untuk merebut tiket menuju babak final.

"Ketika Anda bermain dan ketika Anda melakukannya dengan baik, Anda cenderung memuliakan diri sendiri, seolah-olah Anda tidak tersentuh,” kata unggulan keempat itu.

“Penting dalam proses itu untuk tetap merendah dan untuk mengingatkan diri sendiri bahwa Anda adalah manusia yang bertujuan untuk sesuatu yang hebat, dan Anda sedang menuju ke arah itu dan Anda melakukan segala kemungkinan untuk mencapai kebesaran itu,” imbuhnya.

“Kami (dengan Medvedev) belum benar-benar berbicara dalam beberapa bulan terakhir, tetapi hubungan kami adalah pesaing di lapangan dan sedang berjuang untuk mimpi yang sama,” tukasnya.

Selain pertarungan antara Medvedev vs Tsitsipas, pada pertandingan semifinal tunggal putra Australia Terbuka 2022 lainnya, juara grand slam 20 kali Rafael Nadal akan menghadapi petenis Italia Matteo Berrettini di hari yang sama. (Rif/AtpTour/OL-09)

BERITA TERKAIT