18 January 2022, 11:46 WIB

Muguruza Termotivasi oleh Kehadiran Penonton di Australia Terbuka


Basuki Eka Purnama | Olahraga

AFP/Paul Crock
 AFP/Paul Crock
Petenis Spanyol Garbine Muguruza

PETENIS Spanyol unggulan ketiga Garbine Muguruza mengungkapkan kemenangannya di putaran pertama Australia Terbuka 2022, Selasa (18/1), turut dipengaruhi kehadiran penonton yang menyemangatinya.

Saat menghadapi Clara Burel di Rod Laver Arena, Melbourne, Muguruza begitu senang karena akhirnya bisa menikmati pertandingannya karena penonton menjadi saksi kemenangan 6-3 dan 6-4 atas petenis Prancis itu.

"Saya tidak pernah kehilangan motivasi. Memang selalu ada pasang surut sebagai seorang atlet. Penonton membuat perbedaan besar. Saat mereka ada di belakang, saya merasa sangat bersemangat dan berapi-api. Saya sangat senang tahun ini kita bisa menghadirkan penonton," kata Muguruza dalam laporan laman resmi Australia Terbuka, Selasa (18/1).

Baca juga: Menang Mudah, Barty Melaju ke Putaran Kedua Australia Terbuka

Muguruza menunjukkan dominasinya dengan menciptakan tiga break berturut-turut dalam dua gim, dan hanya membuat 17 kesalahan sendiri.

Dalam seluruh penampilannya di Melbourne, Muguruza belum pernah sekalipun kalah di putaran pertama.

Termasuk hari ini, dia menciptakan dominasi dan mengakhiri perlawanan Burel dalam waktu 89 menit untuk merancang pertemuan di putaran kedua keduanya melawan petenis Prancis lainnya, Alize Cornet.

"Saya pemenang dan sangat termotivasi di sini, terutama pada babak-babak awal," ujar Muguruza.

Petenis berusia 28 tahun ini membawa bekal pengalamannya saat tampil untuk kesepuluh kalinya dalam turnamen akbar awal musim ini.

Gelar juara WTA Finals di Guadalajara tahun lalu memberinya kepercayaan diri untuk melaju pada babak pertama Australia Terbuka.

Muguruza tidak ingin mengulangi kegagalan seperti edisi sebelumnya ketika tersingkir di putaran keempat setelah dikalahkan Naomi Osaka.

Memiliki dua gelar Grand Slam dari Roland Garros 2016 dan Wimbledon 2017, tidak membuat Muguruza berpuas diri untuk berambisi menyabet gelar Grand Slam perdananya di lapangan keras.

"Ini hanya soal adaptasi dengan diri kita sendiri. Pada dasarnya saya orang yang agresif di lapangan, saya suka mendominasi. Saya berlatih seperti itu. Tapi jika di luar lapangan saya tidak seperti itu," pungkas dia. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT