17 January 2022, 23:00 WIB

Djokovic Terancam Tidak Bisa Tampil di Prancis Terbuka


Widhoroso | Olahraga

AFP/Anne-Christine POUJOULAT
 AFP/Anne-Christine POUJOULAT
Novak Djokovic terancam tidak bisa tampil di Prancis Terbuka 2022. 

SETELAH tidak bisa tampil di Australia Terbuka terkait protokol Covid-19, Novak Djokovic terancam tidak biss berkiprah di grand slam lainnya, Prancis Terbuka. Pasalnya, pemerintah Prancis mewajibkan para atlet yang tampil di Prancis harus sudah mengikuti vaksinasi Covid-19.

Djokovic, petenis putra nomor satu dunia, merupakan olahragawan yang tidak mau divaksin Covid-19. Hal inilah yang membuat dirinya dideportasi dari Australia dan tidak bisa tampil di ajang grand slam tenis pembuka tahun tersebut.

Djokovic yang tidak divaksinasi dideportasi dari Australia pada Minggu (16/1), sehari sebelum Australia Terbuka 2022 berlangsung. Upaya hukum yang dilakukan Djokovic untuk bisa tampil di Australia Terbuka, ditolak pengadilan setempat.

Dalam keterangannya, Senin (17/1), Kementerian Olahraga Prancis menyebutkan syarat vaksin bagi atlet luar negeri yang akan mengikuti ajang di Prancis telah disetujui parlemen. "Aturan ini berlaku untuk semua orang, untuk sukarelawan, dan olahragawan elite, termasuk mereka yang datang dari luar negeri, sampai pemberitahuan lebih lanjut," jelas Kemeneterian Olahraga.
 
Namun, aturan terbaru ini tampaknya bertentangan dengan pernyataan Menteri Olahraga Roxana Maracineanu pekan lalu. Ia menyebut, untuk ajang tertentu seperti Prancis Terbuka, memiliki pengecualian khusus yang memungkinkan Djokovic tampil di turnamen itu tanpa divaksinasi Covid-19.

Sebelumnya, pada acara besar seperti Prancis Terbuka, pihaka berwenang mengizinkan atlet yang tidak divaksinasi untuk tampil dengan menerapkan sistem gelembung kesehatan selama turnamen berlangsung. Tahun ini, Prancis Terbuka akan berlangsung 22 Mei– 5 Juni mendatang.(AFP/OL-15)

BERITA TERKAIT