10 January 2022, 12:41 WIB

Sambut Musim 2022, Ashleigh Barty Bidik Gelar Australia Terbuka


Ilham Ananditya | Olahraga

Brenton Edwards / AFP
 Brenton Edwards / AFP
 Ashleigh Barty memegang trofi juara Adelaide International setelah kalahkan Elena Rybakina dari Kazakhstan di babak final pada Minggu (9/1)

PETENIS putri nomor satu dunia, Ashleigh Barty merasa senang bisa menjalani laga pramusim di 2022. Sejak terakhir kali partisipasinya pada Amerika Serikat Terbuka 2021, ia kembali bersemangat untuk memulai musim baru.

Bahkan Barty sukses membuka gelaran musim baru dengan meraih gelar tunggal ke-14 di ajang Adelaide International. Ajang tersebut merupakan turnamen pramusim untuk grand slam Australia Terbuka 2022.

Petenis berusia 25 tahun itu berhasil melewati persaingan Coco Gauff, Sofia Kenin, juara bertahan Iga Swiatek, dan Elena Rybakina di laga final.

"Secara keseluruhan, tanpa kehilangan poin atau set di beberapa pertandingan beruntun jadi sangat bagus. Itu cara yang sangat baik memulai tahun. Menyenangkan untuk bisa bermain di pertandingan berikutnya," tutur Barty.

"Saya merasa faktor dari bagaimana saya melakukan servis menjadi faktor dominan. Saya bisa mengendalikan permainan dan tempo pertandingan dengan servis saya. Jadi saya pikir, servis saya bisa digunakan sebagai senjata," lanjutnya.

Melihat rekan-rekan lamanya seperti Elina Svitolina, Swiatek, dan Aryna Sabalenka ikut dalam partisipasi di musim baru dirinya merasa gembira.

"Agak menyenangkan melihat beberapa wajah yang familiar. Ini menjadi level pertandingan yang memang saya butuhkan," imbuh Barty.

Namun keraguan untuk memulai musim, tak begitu saja menghilang bagi Barty. Ia menganggap musim 2022 adalah musim baru dengan seluruh rangkaian pertandingan kompetitif yang ada.

"Saya pikir selalu ada keraguan di dalam diri yang tidak bisa kita gambarkan. Ini jelas musim yang baru dan sudah beberapa bulan sejak saya melewatkan pertandingan," ucapnya.

"Kita saya hanya punya pola pikir yang cukup sederhana untuk dapat bermain dengan benar. Banyak kesempatan bermain dalam minggu ini dan seterusnya. Itu adalah kesempatan saya," tutup Barty.

Bagi Barty kini targetnya terbilang sederhana, yakni mempertahankan peringkat satu miliknya di akhir musim nanti. (And/WTATennis/OL-09)

BERITA TERKAIT