04 January 2022, 11:32 WIB

Resmikan GOR Setara di Batola, Menpora Harap Lahirkan Atlet Berprestasi


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

MI/Susanto
 MI/Susanto
Politisi Partai Golkar Zainuddin Amali. 

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali berharap Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan (Kalsel), mampu menyumbangkan atlet berprestasi tingkat nasional bahkan internasional untuk mengharumkan nama Indonesia di tingkat dunia.

Hal itu diungkapkan Zainudin dalam peresmian Gedung Olahraga (GOR) Setara, di Kota Marabahan, Barito Kuala, Kalimantan Selatan, Selasa (4/1) pagi.

"Saya berharap kedepan dari Batola harus menyumbang atlet atlet baik ditingkat provinsi, nasional bahkan tingkat internasional," ucap Menpora Zainudin dalam keterangan resmi Kemenpora, Selasa (4/1).

GOR Setara merupakan Gedung Olahraga Tipe B yang pembangunannya menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kemenpora tahun 2020. GOR ini merupakan satu dari tiga GOR lainnya yang dibangun bersamaan. Yakni di Papua dan Sulawesi Barat.

"Alhamdulillah gedung ini bisa kita resmikan, GOR Tipe B seperti ini adalah yang terakhir sudah tidak ada lagi ditempat kami, semua sudah dipindah ke Kementerian PU," kata Zainudin.

Menpora berharap GOR Setara dapat digunakan dengan sebaik baiknya untuk pembinaan atlet dengan enam cabang olahraga, yakni futsal, volly, sepak takraw, badminton dan basket.

"Dalam DBON, Kalsel sebagai salah satu tempatnya, diharapkan bisa menyumbang atlet berprestasi tingkat dunia, ada kesempatan bagi para atlet dan pembina di Kalsel mengembangkan talentanya. Harapannya bisa membanggakan nama Indonesia di tingkat internasional," imbuh Zainudin.

GOR yang didominasi warna kuning berkelir hijau ini berkapasitas 3.000 penonton, juga bisa digunakan sebagai perhelatan lainnya, semisal pertunjukan seni. Penggunaan gedung sendiri sudah dilakukan ditandai dengan dimulainya Turnamen Bulutangkis Bupati Cup 2021.

"Dengan ucapan bismillah penggunaan Gedung Olahraga Tipe B dimulai penggunaannya," tutup Menpora Amali didampingi Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, Bupati Barito Kuala Noormiliyani, DPRD Kalsel Hasanudin Ngurat, Ketua KONI Dahlan dan Kadispora Kalsel. (Kemenpora/OL-12)

BERITA TERKAIT