22 December 2021, 16:15 WIB

Polda Metro Beberkan Konsep Balapan Motor Drag Race


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Olahraga

AFP
 AFP
Ilustrasi

POLDA Metro Jaya membeberkan konsep balapan Drag Race yang akan digunakan untuk memfasilitasi para pembalap motor liar. 

Hal itu diungkapkan Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo dalam diskusi santai antara Polda Metro bersama stakeholder terkait seperti Pemprov DKI, Kodam Jaya, dan Ikatan Mobil Indonesia (IMI), di Polda Metro Jaya, Rabu (22/12). 

Baca juga: Penghasilan Ajang Balap Formula E Bakal Dimasukan ke PAD DKI

Sambodo mengemukakan tujuan utama melaksanakan diskusi tersebut agar bisa saling bertukar pikiran terkait teknis Street Race. 

"Kami first step aja dan konsepnya Drag Race kami, cari trek lurus panjangnya lihat situasi di jalan apa 200 meter 400 meter dan 500 meter," papar Sambodo di Mapolda Metro Jaya, Rabu (22/12). 

Nantinya, balapan akan dilakukan berlokasi di kawasan Ancol pada 15 Januari 2022. Konsep awal balapan perdana yang akan diterapkan, yaitu balapan jarak lurus atau Drag Race. "Lokasi di Ancol luar pinggir kali. Sementara event tanggal 15 Januari," ungkap Sambodo. 

Namun, Sambodo tidak menutup kemungkinan Ancol juga bisa jadi lokasi tempat latihan para pembalap liar. 

"Setelah itu kami pertimbangkan apa lokasi itu bisa jadi ajang latihan pembalap liar. Kami atur waktunya agar mereka tak balap liar lagi di jalan kami siapkan jalur ambulan safetynya dan sebagainya," pungkasnya. 

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran memastikan bahwa Ancol akan menjadi lokasi sirkuit balapan motor resmi bagi para pembalap liar. 

Hal itu diungkapkan Kapolda saat menggelar diskusi bertajuk Street Race Polda Metro Jaya: Mengejar Prestasi, Bukan Sensasi, di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (22/12). 

"Saya ingin sirkuit yang nanti kalau tidak ada kendala akan kita buat di ancol, di situ pendidikan ada, penyalur ada, penegakan hukum ada," ungkap Fadil.

"Ini sebuah ekosistem kalau dikelola baik bisa. Ini semua bisa terlaksana kalau kita bergerak bersama-sama," tambahnya. 

Rencananya, balapan ini akan diawasi penuh oleh Polri, IMI dan Pemda hingga komunitas yang ada. 

"Akan kita buat formatnya ada drag race, road race dan ada serinya," tuturnya. (OL-6)

BERITA TERKAIT