21 December 2021, 17:58 WIB

Upaya Gugus Tugas Diapresiasi WADA dan SEARADO


Budi Ernanto | Olahraga

ANTARA
 ANTARA
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengikuti rapat kerja dengan Komisi X DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (2/12).

MENTERI Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyebut ada perkembangan baik dari upaya membebaskan Indonesia dari sanski Badan Anti-Doping Internasional (WADA).

Saat ini memang pemerintah melalui Kemenpora telah membentuk Gugus Tugas Percepatan Pencabutan Sanksi WADA. Gugus tugas dipimpin oleh Ketua Umum KOI Raja Sapta Oktohari.

Raja Sapta dan anggota gugus tugas sudah beberapa kali terbang ke Swiss untuk berjumpa dengan WADA. Swiss seperti diketahui merupakan markas WADA. Raja Sapta juga saat ini tengah berada di Singapura untuk bertemu Lembaga Anti-Doping Kawasan Asia Tenggara (SEARADO).

Baca juga: Komisi X DPR Apresiasi Kerja Cepat Pemerintah dalam Penuntasan Sanksi WADA

"WADA dan SEARADO apresiasi upaya Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) dan gugus tugas. Tinggal lengkapi beberapa saja data-data yang dibutuhkan," kata Zainudin kepada Media Indonesia, Selasa (21/12).

Zainudin juga menegaskan bahwa pihaknya, dalam hal ini pemerintah, tidak boleh ikut campur dalam aktivitas yang dilakukan gugus tugas. Pasalnya, LADI sendiri sebenarnya adalah lembaga independen. Artinya tidak boleh ada ikut campur.

"Makanya dibentuk gugus tugas, pemerintah sudah serahkan semua kepada gugus tugas. Kita berharap sanksi ini dalam waktu dekat segera dicabut oleh WADA," pungkas Zainudin. (Beo)

BERITA TERKAIT