20 December 2021, 17:23 WIB

Kalahkan Banten di Final, Bali Juara Kejurnas Baseball Putri 2021


Widhoroso | Olahraga

Ist
 Ist
Tim putri Banten menjadi runner up Kejurnas Baseball Putri 2021. 

KEJURNAS Baseball Putri 2021 yang berlangsung 14-19 Desember lalu, menjadi ajang para atlet untuk unjuk kebolehan. Dari kejurnas inin diharapkan muncul atlet-atlet muda berbakat untuk membela Indonesia di masa mendatang.

Kejurnas yang berlangsung di Jakarta International Baseball, Rawamangun, Jakarta Timur ini, diikuti enam klub yang mewakili enam provinsi yaitu DKI Jakarta, Banten, Lampung, Kalimantan Timur, Bali, dan Jawa Barat.

Bali keluar sebagai juara setelah di final menundukkan Banten dengan skor 2-0, Minggu (19/12). Sementara dalam pertanding perebutan tempat ketiga, DKI Jakarta menundukkan Jawa Barat 6-4.

Wakil Ketua Umum PB Persatuan Baseball dan Softball Seluruh Indonesia (Perbasasi) Leo Agus Cahyono menilai potensi olahraga baseball putri Indonesia dapat ditingkatkan. Hal inalah yang mendorong Leo bersama jajaran PB Perbasasi berkeliling Indonesia untuk membentuk sentra-sentra baseball putri.

"Saya ingin menunjukkan bahwa lapangan itu bukanlah kendala. Kalau kita tahu, sebenarnya sudut pandang perempuan Indonesia itu lebih luas dan kerja sama tim putri jauh lebih baik dibandingkan putra," ujar Leo.

Ia menilai banyak daerah yang memiliki potensi tinggi untuk melahirkan atlet baseball putri berbakat. "Salah satu daerah dengan peminat yang tinggi dalam olahraga baseball adalah Kalimantan. Mereka juga memiliki ketahanan fisik yang baik,” jelas Leo.

Ia berharap olahraga baseball tidak hanya meningkatkan produktivitas perempuan di bidang olahraga, melainkan juga sebagai sarana untuk bersosialisasi. "Antusiasme atlet putri membuat saya optimistis mengembangkan baseball putri di Indonesia," jelasnya.

Di sisi lain, langkah Perbasasi lebih mengembangkan olah raga base ball putri di Tanah Air disambut gembira para atlet. Nadine Zahirah, atlet Banten mengatakan dengan menggeluti olahraga ini dirinya menjadi lebih kenal banyak teman. "Kita bisa tahu budaya orang yang berbeda-beda. Jadi bisa kenal dan belajar satu sama lain," ungkap Nadine.

Atlet asal Jawa Barat, Nessa juga mengungkapkan motivasi dan dampak yang dirasakan. "Jadi nambah temen, karena kita beda usia dan sekolah. Selain itu dari dulu aku termotivasi banget untuk masuk ke tim Jawa Barat untuk mengharumkan nama Indonesia," kata Nessa. (RO/OL-15)

 

BERITA TERKAIT