09 December 2021, 13:45 WIB

Menpora Minta KONI Sukseskan PON XXI Aceh-Sumatra Utara


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

ANTARA/Dhemas Reviyanto
 ANTARA/Dhemas Reviyanto
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali

MENTERI Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali meminta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat untuk mempersiapkan diri serta menyukseskan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatra Utara 2024.

Berbicara dalam pembukaan Rakernas KONI Pusat yang mengangkat tema Evaluasi Penyelenggaraan PON XX/2021 Papua, Menuju Sukses PON XXI/2024 Aceh-Sumatra Utara, Zainudin menyebutkan bukan hal yang mudah  untuk menggelar PON di dua daerah. Karenanya dibutuhkan persiapan yang matang untuk menyukseskan penyelenggaraan tersebut.

“Saya kira peran KONI pusat dan daerah harus besar karena menyatukan dua provinsi, ini tentu tidak mudah. Membantu pelaksanaan satu provinsi saja tidak mudah,” kata Zainudin dalam Rakernas KONI, Rabu (8/12) malam.

Baca juga: Kapolri Jadikan Atlet Peraih Emas PON XX Papua Sebagai Polisi

Digelarnya PON di dua daerah sekaligus ini memang menjadi pengalaman baru bagi panitia pelaksana nantinya. Meski terlihat tidak mudah namun Zainudin meyakini PON XXI Aceh-Sumatra Utara dapat berjalan lancar di bawah tangan dingin KONI Pusat

“Tapi saya meyakini dengan bimbingan KONI Pusat, semua bisa terselenggara dengan baik. Ini kesempatan yang baik untuk melakukan evaluasi dan persiapan kedepannya,” ucap Zainudin

Berkaca dari penyelenggaraan PON Papua, Zainudin menilai pelaksanaan PON Papua bisa berjalan dengan baik dan lancar karena sinergi yang baik dari pemerintah pusat dengan daerah serta stakeholder terkait. Dia pun berharap hal yang sama dapat di lakukan di PON Aceh-Sumatra Utara mendatang.

“PON Papua berjalan dengan sukses karena peran kita semua yang telah berkoordinasi dengan baik. Penyelenggaraan PON Papua juga mendapatkan nilai baik dari Bapak Presiden Joko Widodo. Semoga PON yang akan datang nantinya bisa berjalan lebih baik lagi,” tukas Zainudin

Dalam kesempatan yang sama, Menpora juga menerima penghargaan dari KONI Pusat. Adapun kategori yang diraih yakni pelopor bidang pengembangan olahraga tingkat pemerintah.

Selain Menpora, penghargaan dengan kategori yang sama juga diterima Gubernur Papua Lukas Enembe, Ketua DPR Papua Jhony Banua, Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano, dan Bupati Mimika Eltinus Omaleng.

Kemudian ada Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, Bupati Merauke Romanus Mbaraka, Pangdam Cendrawasih, Kapolda Papua, Kepala BIN Papua, dan Ketua Harian PB PON Papua.

Di samping itu, KONI Pusat juga memberikan penghargaan kepada atlet yang meraih medali di Olimpiade Tokyo 2020.

Lalu, penghargaan juga di berikan kepada Ketua Umum KONI Jawa Barat, Ketua Umum KONI Bali, dan Ketua Umum KONI Papua dalam kategori bidang pengembangan olahraga tingkat KONI daerah.

Sedangkan Rosan P Roeslani dan Agung Firman Sampurna mendapat penghargaan kategori pembina atau ketua umum cabang olahraga. Keduanya dinilai berhasil dalam pembinaan atlet berprestasi di tingkat Olimpiade. (Kemenpora/OL-1)

BERITA TERKAIT