05 December 2021, 05:22 WIB

Medvedev Antar Rusia ke Final Piala Davis


Basuki Eka Purnama, Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

AFP/PIERRE-PHILIPPE MARCOU
 AFP/PIERRE-PHILIPPE MARCOU
Petenis tim Piala Davis Rusia Daniil Medvedev

DANIIL Medvedev memastikan Rusia meraih tiket ke laga final Piala Davis setelah menang 6-4 dan 6-4 atas Jan-Lennard Struff untuk memastikan Rusia unggul 2-0 atas Jerman, Sabtu (4/12).

Petenis nomor dunia itu memastikan keunggulan Rusia, yang sebelumnya unggul 1-0 setelah Andrey Rublev menang 6-4 dan 6-0 atas Dominik Koepfer,

Kemenangan atas Jerman itu mengantarkan Rusia untuk berhadapan dengan Kroasia di laga final. Rusia dan Kroasia sama-sama memburu gelar Piala Davis ketiga mereka.

Baca juga: Asa Djokovic Bawa Serbia ke Laga Final Piala Davis Pupus

"Rusia adalah tim terkuat di ajang Piala Davis kali ini," sebut petenis nomor satu Kroasia Marin Cilic.

"Adalah tugas yang sangat berat bagi kami untuk melawan mereka. Namun, kami juga memiliki kekuatan tersendiri."

"Ini adalah final Piala Davis ketiga kami dalam tempo lima tahun. Saya rasa itu adalah hal yang luar biasa" imbuh petenis berusia 33 tahun itu.

Rusia memang memiliki skuat yang kuat dengan empat pemain berada di peringkat 30 besar dunia yaitu Medvedev yang berperingkat dua dunia, Rublev (5), Aslan Karatzev (18), dan Karen Khachanov (29).

Mereka hanya kalah sekali sepanjang perhelatan Piala Davis tahun ini kala Rublev kalah dari petenis Spanyol Feliciano Lopez di laga pertama turnamen.

Kroasia berhadap bisa merebut satu kemenangan di nomor tunggal sebelum membuka peluang lewat pasangan nomor satu dunia Mate Pavic dan Nikola Mektic.

Juara Wimbledon dan peraih medali emas Olimpiade itu belum sekali pun kehilangan servis sepanjang perhelatan Piala Davis.

"Mereka memiliki ganda terbaik di dunia. Karenanya, kami harus berusaha menyelesaikan pertandingan di nomor tunggal," tegas Medvedev. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT