19 November 2021, 07:01 WIB

Sinner Paksa Medvedev Berjuang Keras untuk Raih Tiket ke Semifinal ATP Finals


Basuki Eka Purnama, Ilham Ananditya | Olahraga

AFP/Marco BERTORELLO
 AFP/Marco BERTORELLO
Petenis Rusia Daniil Medvedev

PETENIS Italia Jannik Sinner memaksa Daniil Medevedev berjuang keras untuk meraih tiket ke semifinal ATP Finals lewat pertarungan tiga set 6-0, 6-7 (5/7), dan 7-6 (10/8), di Turin, Italia, Jumat (19/11) dini hari WIB.

Medvedev, yang merupakan juara Amerika Serikat (AS) Terbuka, tampaknya ingin menyudahi perlawanan Sinner dalam tempo singkat.

Petenis Rusia itu hanya butuh waktu 25 menit untuk mengalahkan lawnanya yang berperingkat 11 dunia itu di set pertama dengan skor telak 6-0.

Baca juga: Zverev Melaju ke Semifinal ATP Finals

Namun, saat tampaknya Medvedev akan melangkah mulus ke babak semifinal, Sinner bangkit di set kedua, memenangkan gim pertama dan meraih keunggulan 3-1 setelah mematahkan servis Medvedev di gim keempat.

Medvedev kemudian balas mematahkan servis Sinner dan sejak saat itu kedua pemain sukses mempertahankan servis mereka untuk membawa laga ke tie-break.

Sinner sukses memicu sorak sorai pendukung di Turin dengan merebut set kedua.

Bahkan Sinner sempat unggul di gim kelima set ketiga sebelum Medvedev bangkir dan memaksakan tie-break.

Di babak tie-break, Medvedev dua kali selamat dari matchpoint sebelum akhirnya meraih kemenangan ketiganya secara beruntun di ATP Finals.

"Secara pertandingan dan mental, itu adalah hal yang sulit. Saya mencoba tidak kehilangan ritme permainan," kata Medvedev usai laga.

"Saya memenangkan set pertama cukup mudah. Saya pikir set kedua dan ketiga yang berlangsung satu jam atau lebih adalah hal lain. Intinya saya tidak suka kalah. Saya menyukai kemenangan dan saya senang sekarang," imbuhnya.

Walaupun kalah, pemain alternatif pengganti Matteo Berrettini, Sinner mengungkapkan rasa bahagianya bermain di tengah publik sendiri. Di tambah semangat dari kerumunan penonton, membuat dirinya merasa luar biasa.

"Ini adalah musim yang hebat. Di tengah perasaan luar biasa sebagai pemain, saya senang bermain di tengah publik di sini. Bagi saya, sangat menyenangkan menjadi salah satu pemain di turnamen ini," tandas Sinner.

"Kekalahan ini memberitahu saya, apa yang harus saya tingkatkan. Semoga tahun depan, akan terasa lebih menarik," tambahnya. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT