06 November 2021, 18:06 WIB

2.812 Keping Medali Akan Diperebutkan dalam Peparnas XVI


Ilham Ananditya | Olahraga

ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
 ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Medali Peparnas XVI Papua

PEKAN Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI di Papua telah dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Jumat (5/11) malam.

Mulai pada Sabtu (6/11) ada empat cabang olahraga yang memulai pertandingan perdana di ajang Peparnas dan semua berakhir pada 13 November mendatang.

Dua cabang yaitu bulu tangkis dan catur digelar di Kota Jayapura sedangkan dua lainnya yaitu tenis meja dan atletik berada di Kabupaten Jayapura.

Seluruh perlombaan sudah mengadopsi aturan yang telah ditetapkan oleh Komite Paralimpik Internasional (IPC) dan Komite Nasional Paralimpik Indonesia (NPCI).

PB Peparnas Papua telah menyiapkan 2.812 keping medali terdiri dari 861 emas, 861 perak, dan 1.090 perunggu yang siap diperebutkan pada 640 nomor perlombaan.

Atlet-atlet Peparnas dari 33 Provinsi akan bertanding pada 12 cabang olahraga (cabor) di 12 venue yang terdapat di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura.

Cabor-cabor itu meliputi angkat berat, atletik, boccia, bulu tangkis, catur, judo, menembak, panahan, renang, sepak bola cerebral palsy (CP), tenis lapangan kursi roda, dan tenis meja.

Baca juga: Menpora: Target Peparnas untuk Menjaring Bibit-Bibit Atlet

Masyarakat Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura dapat menyaksikan seluruh pertandingan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Cabor bulu tangkis akan memulai babak penyisihan di venue GOR Cenderawasih, Kota Jayapura. Terdapat 208 keping medali untuk diperebutkan. Mulai dari 52 emas, 52 perak, dan 104 perunggu. Semua medali tadi akan dibagi merata, masing-masing 26 nomor tunggal putra-putri, empat nomor ganda putra, dan tiga nomor ganda putri.

Sektor ganda campuran melombakan tiga nomor dan satu set medali lainnya diperebutkan pada nomor beregu putra. Sehingga total terdapat 37 nomor cabang.

Selain bulu tangkis, cabang lain yang bertanding hari ini adalah catur di Hotel Sahid Papua. Sebanyak 210 medali mulai dari 70 emas, perak, dan perunggu akan diperlombakan. Ada sekitar 38 nomor lomba digelar, yakni 22 nomor perorangan putra-putri dan 16 nomor beregu putra-putri.

"Bidak-bidak caturnya kami datangkan dari pemusatan latihan nasional (Pelatnas) NPCI di Solo, Jawa Tengah. Papan dan bidaknya tidak sama seperti pada umumnya. Karena ada lubang tersendiri untuk menancapkan dan untuk menggerakkan tiap bidak. Ini khusus untuk catur tuna netra," kata Wakil Koordinator Team Leader Bidang Pertandingan PB Peparnas Papua Roy Otto Joost Awuy.

Dua lainnya, yaitu atletik dan tenis meja akan memakai venue di Kabupaten Jayapura, yakni Komplek Olahraga Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura.

Cabor atletik akan dilaksanakan di Stadion Lukas Enembe dengan menyediakan perebutan 741 keping medali meliputi 247 emas, 247 perak, dan 247 perunggu.

Terdapat 111 nomor pertandingan perorangan putra dan 81 untuk putri. Serta tujuh nomor beregu putra dan empat nomor beregu putri. Sehingga secara total ada 203 nomor perlombaan atletik.

Pertandingan perdana tenis meja diadakan di venue Istora Papua Bangkit. Dengan 472 keping medali dengan rincian 118 emas, 118 perak, dan 236 perunggu. Tersebar merata pada 66 nomor pertandingan, masing-masing 44 nomor tunggal putra-putri, tujuh nomor ganda campuran, delapan nomor beregu putra serta tujuh lainnya beregu putri.(OL-4)

BERITA TERKAIT