07 October 2021, 20:48 WIB

Jawa Timur Panaskan Perolehan Medali


Akmal Fauzi | Olahraga

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
 ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Petenis tunggal putri Jawa Timur Aldila Sutjiadi berpose dengan medali emas yang diraih dari nomor tenis tunggal putri PON Papua, hari ini.

KONTINGEN Jawa Timur hari ini berhasil mengumpulkan pundi-pundi emas dari cabang unggulan di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, Kamis (7/10). Data dari website resmi PON XX hingga pukul 22.00 WIT, Jatim berhasil meraih 49 medali emas, 40 perak dan 38 perunggu di posisi keempat klasemen.

Jatim berpotensi menyalip tuan rumah di posisi ketiga dengan raihan 51 emas, 24 perak dan 44 perunggu. Di posisi teratas masih dihuni Jawa Barat dengan raihan 55 emas disusul DKI Jakarta dengan raihan 53 emas.

Pada Kamis (7/10), dominasi Jatim di cabang olahraga selam belum terpatahkan. Mereka meraih lima medali emas masing-masing dari nomor 800 meter surface putra dan putri, serta 50 meter apnea putra dan putri, serta 4x100 bifin putri.

Sejak hari pertama perlombaan selam kolam PON XX Papua di Arena Akuatik Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Selasa (5/10), Jatim mendominasi. Total ada 12 medali yang disumbangkan dari cabang selam.

Di cabang tenis, Jatim yang bermaterikan banyak atlet-atlet penghuni pemusatan latihan nasional (pelatnas) menyapu bersih seluruh medali emas dari semua nomor yang dipertandingkan.

Baca juga: Edukasi Prokes Terus Digencarkan di 4 Titik Klaster PON Papua

Pada Kamis (7/10), emas dipersembahkan petenis muda, Muhammad Rifqi Fitriadi di tunggal putra usai mengalahkan Muhammad Althaf Daifullah Albaihaqi dari Papua Barat 6-3, 4-6, 7-5.

Unggulan teratas, Aldila Sutjiadi menyumbangkan emas pada nomor tunggal putri. Ia berhasil mengalahkan tuan rumah yang diwakili pemain muda potensial, Priska Madelyn Nugroho, dua set langsung 6-7, 7-6(7).

Emas juga diraih di ganda putra Christopher Rungkat/David Susanto dan ganda putri Beatrice Gumulya/Jessie Rompies. Jatim menutup raihan emas di nomor ganda campuran yang mempertandingak All Jatim Final yang dimenangkan Christopher/Aldila.

Di nomor beregu putra dan putri yang dipertandingkan hari sebelumnya, Jatim juga berhasil meraih emas.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Zainudin Amali mengatakan, keikutsertaan para atlet pelatnas atau atlet yang berkompetisi di olimpiade pada PON XX Papua sebagai pembangkit semangat atlet muda dalam multievent olahraga tertinggi nasional tersebut.

“Keiksertaan mereka saya kira untuk membangkitkan semangat dari yang lainnya (atlet junior),” kata Menpora Amali usai meninjau pertandingan cabang olahraga Angkat Besi di Jayapura, Kamis (7/10).

Selain itu, kata dia, keikutsertaan para atlet tersebut supaya ada tempat melakukan kompetisi sebelum bertanding ke ajang internasional.

“Supaya mereka ada tempat berkompetisi. Sebab kalau di Pelatnas saja latihan siang dan malam tanpa kompetisi, kita tidak tahu ukuran prestasi mereka. Saya melihat bahwa mereka ini mengangkat dari yang dibawah kemampuan total mereka,” jelasnya. (OL-4)

BERITA TERKAIT