21 September 2021, 17:14 WIB

Kemenpora Pantau Kondisi Legenda Bulu Tangkis Verawaty


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

Dok. Rosiana Tendean
 Dok. Rosiana Tendean
Legenda bulu tangkis Indonesia Verawaty Fajrin tengah terbaring sakit.

LEGENDA bulu tangkis Indonesia Verawaty Wiharjo atau dikenal dengan Verawaty Fajrin tengah dirawat di Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta, karena mengidap penyakit kanker paru-paru.

Setelah mendapatkan dana bantuan perawatan dari pemerintah sebesar Rp100 juta, kondisi mantan juara ganda putri All England 1979 dan peraih medali emas Asian Games 1978 terus dipantau tim dokter dan juga Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Baca juga: Legenda Bulu Tangkis Sakit, Presiden: Beri Perawatan Terbaik

"Sekarang dirawat di ruang VIP. Sudah mendapatkan penanganan dari dokter spesialis, spesialis paru, hematologi, sepesialis ahli kanker, hingga spesialis gizi. Terakhir kondisinya masih berjuang, masih semangat dan masih bisa berkomunikasi," ujar Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dalam keterangan resmi, Selasa (21/9).

Lebih lanjut, Zainudin sudah menyampaikan pesan kepada pihak rumah sakit dan juga keluarga untuk merawat Verawaty dengan maksimal. Pun, semua biaya perawatan akan ditanggung oleh pemerintah.

"Sekarang ini sudah ditangani tim dokter di RS Kanker Dharmais. Mereka berusaha semaksimal mungkin untuk penyembuhan Ibu Verawaty," imbuhnya.

Baca juga: Dirut RS Dharmais Pastikan Verawaty Fajrin dapat Penanganan Terbaik

Pihaknya berharap sang legenda bulu tangkis Indonesia dapat kembali pulih. "Komitmen dari tim dokter akan merawat Ibu Verawaty dengan sebaik-baiknya. Kita juga harus berdoa untuk beliau, agar segera diberi kesehatan," pungkas Zainudin.

Diketahui, saat masih menjadi atlet bulu tangkis, Verawaty meraih sejumlah gelar juara, termasuk menyabet 12 medali emas SEA Games sepanjang kariernya. Perempuan berusia 63 tahun itu juga pernah menyabet juara tunggal putri di kejuaraan dunia 1980 dan nomor ganda campuran pada 1986.(OL-11)
 

BERITA TERKAIT