03 September 2021, 11:10 WIB

Djokovic Melaju ke Putaran Ketiga AS Terbuka


Ilham Ananditya | Olahraga

AFP/Sarah Stier/Getty Images
 AFP/Sarah Stier/Getty Images
Petenis Serbia Novak Djokovic

PELUANG Novak Djokovic mengemas gelar major ke-21, yang akan melengkapi Grand Slam kalender tahun ini, meningkat setelah petenis nomor satu dunia itu melaju ke putaran ketiga Amerika Serikat (AS) Terbuka dengan mengalahkan Tallon Griekspoor dengan skor 6-2, 6-3, dan 6-2,  Jumat (3/9) WIB.

Djokovic tampil tajam dan lebih fokus saat berhadapan dengan petenis Belanda berusia 25 tahun tersebut, dibanding saat berhadapan dengan Holger Rune, yang berusia 18 tahun, pada pertandingan pembuka yang diselesaikan dalam empat set, Selasa (30/8).

Sama seperti di putaran pertama, Djokovic mendominasi sejak awal, tetapi kali ini petenis Serbia berusia 34 tahun itu tidak pernah salah langkah dalam pertandingan yang mencatatkan kemenangannya yang ke-77 di AS Terbuka.

Baca juga: Zverev Sebut Servis Jadi Kunci Kemenangan Atas Ramos-Vinola

Hanya tiga pemain putra yang memiliki catatan kemenangan lebih banyak dari Djokovic di AS Terbuka, yaitu Jimmy Connors dengan 98 kemenangan, Roger Federer dengan 89 kemenangan, dan Andre Agassi dengan 79 kemenangan.

Djokovic, yang memainkan turnamen pertamanya setelah Olimpiade Tokyo 2020, menyelesaikan set pembuka dalam waktu 30 menit.

Meski begitu, Griekspoor mendapat sorotan pada set kedua ketika dia berhasil mematahkan servis Djokovic. Namun, petenis nomor satu dunia itu merebut set tersebut dan memimpin 2-0.

Griekspoor, yang berupaya mengumpulkan kemenangan Grand Slam pertamanya, tidak menemui jalan untuk melawan unggulan teratas tersebut.

Djokovic kemudian mematahkan servis Griekspoor dua kali pada set ketiga sebelum menutup pertandingan.

Djokovic mendapat tepuk tangan meriah dari penonton, sesuatu yang tidak dia dapatkan pada kemenangan putaran pertamanya ketika penonton Stadion Arthur Ashe hanya memberi teriakan semangat untuk lawannya sepanjang pertandingan.

Setelah mengalahkan dua lawan muda yang bermain di undian utama AS Terbuka pertama mereka, Djokovic selanjutnya akan menghadapi petenis Jepang Kei Nishikori, runner-up AS Terbuka 2014. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT