26 August 2021, 12:27 WIB

Djokovic Targetkan Juara di AS Terbuka


Ilham Ananditya | Olahraga

AFP/Tiziana FABI
 AFP/Tiziana FABI
Petenis Serbia Novak Djokovic

PETENIS unggulan teratas Novak Djokovic akan mencoba menyelesaikan agenda Grand Slam untuk nomor tunggal putra tahun musim ini.

Dirinya ingin menjadi peringkat teratas juga sebagai pemegang jumlah gelar Grand Slam sepanjang masa dengan keluar sebagai juara Amerika Serikat (AS) Terbuka nanti.

Langkah Djokovic juga semakin dipermudah tanpa kehadiran pemain-pemain unggulan yang sering membuatnya kewalahan, seperti Roger Federer, Rafael Nadal, Stan Wawrinka, Juan Martin del Potro, dan Dominic Thiem.

Baca juga: Venus Williams Susul Serena Mundur dari AS Terbuka

Namun, pemain-pemain muda yang kariernya juga sedang naik daun seperti peringkat kedua asal Rusia Daniil Medvedev, unggulan ketiga asal Yunani Stefanos Tsitsipas, dan peraih medali emas Olimpiade Tokyo sekaligus peringkat keempat dunia, Alexander Zverev akan menjadi penghambat lain bagi petenis asal Serbia itu merebut mahkota Grand Slam ke-21 sepanjang kariernya.

Akar dari penampilan luar biasa Djokovic di musim ini adalah kekalahannya di ajang AS Terbuka tahun lalu.

Kala itu, ia keluar dari turnamen di babak keempat ketika melawan Carreno Busta. Dirinya ketika itu memukul bola dan secara tidak sengaja mengenai seorang ofisial garis.

Sejak kekalahan itu, pemain berusia 34 tahun itu tidak pernah kalah dalam agenda pertandingan Grand Slam selanjutnya.

Djokovic bahkan mengalahkan Medvedev di final Australia Terbuka, Tsitsipas di final Prancis Terbuka, dan Matteo Berrettini asal Italia di final Wimbledon musim ini.

“Ini benar-benar keberuntungan bagi saya dan semua hal luar biasa itu datang di tahun yang sama,” kata Djokovic.

"Itu adalah sesuatu yang tidak pernah saya duga, tetapi saya juga selalu bermimpi untuk dapat mencapai hal-hal besar di olahraga," lanjutnya.

Runner-up AS Terbuka 2019 Medvedev, tidak sungkan mengungkapkan bahwa Djokovic termasuk sebagai salah satu pemain favorit dirinya.

"Tentu saja Djokovic akan menjadi pesaing utama dan terberat. Dia sudah menang 20 kali gelar Slam. Dia punya pengalaman. Dan saya akan mencoba melakukan yang terbaik. Saya hanya ingin bermain baik," ucap Medvedev.

"Tiga adalah angka yang sangat signifikan. Hal ini tentunya mendorong saya untuk mempertahankannya dan bekerja lebih keras," kata Tsitsipas mengenai dirinya di peringkat Asosiasi Tenis Profesional (ATP).

Zverev juga mengungkapkan dirinya sangat ingin merebut gelar juara AS Terbuka tahun ini.

"Saya belum puas. Saya tak sabar untuk membuktikan bahwa saya masih menjadi salah satu pemain terbaik dunia," kata Zverev. (OL-1)

BERITA TERKAIT