11 August 2021, 15:23 WIB

Indonesia Pemberi Bonus Terbanyak untuk Atlet di Olimpiade


Ilham Ananditya | Olahraga

AFP
 AFP
Seorang pria bekerja di dekat arena balap sepeda Olimpiade Tokyo 2020.

INDONESIA masuk dalam jajaran negara yang berpartisipasi dalam Olimpiade Tokyo 2020. Sekaligus, menjadi negara yang memberikan bonus terbanyak bagi atlet peraih medali emas di ajang yang selesai digelar pada 8 Agustus.

Diketahui, Indonesia berada pada posisi kelima dunia dan tertinggi kedua untuk kawasan Asia Tenggara. Dalam hal ini, sebagai negara yang memberikan bonus mencapai Rp5 miliar kepada peraih medali emas.

Baca juga: Ajang Bulu Tangkis Korea Terbuka dan Macau Terbuka Resmi Batal

Lewat cabang olahraga bulu tangkis, yakni pasangan ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu, Indonesia dapat membawa pulang satu-satunya medali emas pada Olimpiade Tokyo. Adapun masing-masing atlet akan diganjar bonus, sama seperti peraih medali emas Olimpiade Rio 2016.

Menurut laporan Forbes, meski Singapura menjanjikan bonus hingga US$730 ribu atau sekitar Rp10,6 miliar, namun tidak ada atlet yang berhasil membawa pulang medali.

Taiwan berada pada posisi kedua, dengan mengucurkan bonus bagi atlet mencapai US$719 ribu atau sekitar Rp10,3 miliar. Lalu, diikuti Hong Kong dengan bonus Rp9 miliar dan Turki Rp5,4 miliar.

Baca juga: Ini Rekor Dunia yang Tercipta di Olimpiade Tokyo 2020

Walaupun berada di peringkat keenam ajang Olimpiade Tokyo 2020 dengan perolehan 17 emas, 7 perak dan 22 perunggu, Australia menjadi salah satu negara yang paling sedikit memberikan bonus. Negara itu hanya menggelontorkan US$20 ribu dolar atau sekitar Rp287 juta.

Tidak semua negara memberikan bonus kepada atlet yang berhasil meraih medali di Olimpiade Tokyo 2020. Kebijakan itu dilakukan beberapa negara, seperti Inggris, Selandia Baru, Norwegia dan Swedia.(Ant/OL-11)


 

BERITA TERKAIT