07 August 2021, 15:08 WIB

Norwegia Menjuarai Voli Pantai Putra Olimpiade Tokyo


Mediaindonesia | Olahraga

Angela WEISS / AFP
 Angela WEISS / AFP
Christian Sandlie Sorum (L) and Anders Berntsen Mol 

CHRISTIAN Sorum dan Anders Mol mempersembahkan medali emas bola voli pantai putra Olimpiade Tokyo pada Sabtu kepada Norwegia yang merupakan medali Olimpiade pertama yang diraih negara itu dari cabang olahraga ini.

Duet Norwegia ini mengalahkan pasangan Viacheslav Krasilnikov dan Oleg Stoyanovskiy dari tim Komite Olimpiade Rusia (ROC) dengan 21-17 21-18 dalam partai final.

Sedangkan Cherif Younousse dan Ahmed Tijan dari Qatar finis ketiga untuk merebut medali perunggu.

Poin penentu kemenangan tercipta saat servis Rusia tak bisa melewati jaring sehingga memicu Mol dan Sorum serempak berteriak penuh kemenangan, melepas baju mereka dan mengangkat tinju sebagai pertanda menang.

Pasangan itu kemudian merayakannya bersama kontingen Norwegia sebelum hujan turun deras di area Tokyo Bay yang merupakan sambutan baik untuk suhu terik sebelumnya di lapangan ini.

Baca juga: Semangat Atlet Hadirkan Kemeriahan di Olimpiade Tokyo

"Kami sudah bekerja keras sekali dan begitu lama, dan ini sudah bertahun-tahun," kata Mol (24) kepada wartawan seperti dikutip Reuters. "Menjadi juara Olimpiade termuda (dalam cabang olahraga ini) adalah sungguh mimpi yang menjadi kenyataan."

Ditanya tentang rencana mereka untuk Olimpiade Paris 2024, Mol mengatakan belum memutuskan apa-apa.

"Kami berusaha menikmati momen ini, dan kami akan merencanakan apa pun untuk nanti. Kami baru saja menyelesaikan final, jadi kami hanya memikirkan waktu ini dan fokus kepada turnamen berikutnya," tambah dia.

Beberapa jam sebelumnya Younousse dan Tijan dari Qatar mengalahkan Martins Plavins dan Edgars Tocs dari Latvia untuk memenangkan medali Olimpiade pertama negara itu dalam cabang olahraga ini.

Pada umat, April Ross dan Alix Klineman merebut medali emas putri untuk Amerika Serikat yang menjadi tempat kelahiran voli pantai.(Ant/OL-4)

BERITA TERKAIT