29 July 2021, 18:47 WIB

Raih Medali di Olimpiade, Bonus Besar Menanti Tiga Lifter Indonesia


Ilham Ananditya | Olahraga

Antara/Sigid Kurniawan
 Antara/Sigid Kurniawan
Penampilan Eko Yuli Irawan di Olimpiade Tokyo 2020

TIGA lifter andalan Indonesia, Eko Yuli Irawan, Rahmat Erwin Abdullah, dan Windy Cantika Aisyah telah sukses menjadi penyumbang medali dari cabang angkat besi di Olimpiade Tokyo 2020, dengan membawa pulang satu medali perak dan dua perunggu hingga.

Eko Yuli Irawan sebagai peraih medali perak, serta dua atlet lain sebagai peraih perunggu yakni Rahmat Erwin Abdullah dan Windy Cantika Aisyah sudah pasti diganjar dengan bonus menggiurkan. 

Dilansir melalui keterangan resmi Komite Olimpiade Internasional (IOC), Windy yang turun dalam kelas 49 kilogram putri masih berpotensi meraih perak. Mengingat saingan teratas asal China, Zhihui Hou sedang menjalani tes doping. Apabila hal itu terbukti benar, maka seluruh atlet dengan peringkat di bawah Zhihui akan naik.

Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora), Gatot S Dewa Broto mengungkapkan bahwa bonus yang diterima untuk atlet yang meraih medali di ajang Olimpiade Tokyo 2020 masih sama dengan sebelumnya, seperti di Olimpiade Rio 2016.

“Bonus masih sama seperti di Olimpiade Rio 2016. Untuk yang meraih emas berhak mendapat Rp5 miliar, perak Rp2 miliar, sedangkan perunggu Rp1 miliar.” tutur Gatot saat dihubungi Media Indonesia, Kamis (29/7) sore.

Gatot mengungkapkan dirinya masih menunggu informasi tambahan apabila terkait adanya perubahan kebijakan terkait bonus atlet.

Baca juga : Riau Ega Tersingkir, Perjuangan Indonesia di Panahan Berakhir

Dari pihak swasta yang juga menjadi sponsor, J99 Corp, yang mendukung dari segi sektor transportasi bagi kontingen tim Indonesia juga sudah pasti bakal mengucurkan bonus bagi atlet yang membawa pulang medali Olimpiade.

CEO J99 Corp, Gilang Widya Pramana mengatakan akan memberi bonus kepada atlet yang meraih medali emas sebesar Rp500 juta, untuk medali perak Rp250 juta, dan medali perunggu sebesar Rp100 juta.

“Saya yang juga pecinta olahraga merasa senang bisa mendukung para atlet ataupun berbagai hal termasuk meminjamkan bis sebagai bentuk akomodasi. Para atlet perlu di apresiasi sebagai bentuk motivasi dan dorongan untuk peningkatan prestasi.” tutur Gilang.

“Semoga ini juga bisa menjadi pemicu bagi sponsor atau pihak swasta yang lain, untuk dapat mengapresiasi dunia olahraga maupun atlet yang bertanding. Khususnya yang bertanding bagi Indonesia.” tutup Gilang.

Selain Kemenpora, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil serta pihak swasta lainnya rencananya juga turut memberi bonus bagi atlet kontingen Merah Putih. (OL-7)

BERITA TERKAIT