26 July 2021, 04:30 WIB

Sementara Tiongkok Unggul Satu Emas dari Jepang di Olimpiade Tokyo


Mediaindonesia.com | Olahraga

AFP/Vincenzo Pinto.
 AFP/Vincenzo Pinto.
Li Fabin.

KONTINGEN Tiongkok masih memimpin klasemen sementara perolehan medali Olimpiade Tokyo 2020 hingga Minggu (25/7). Negeri itu unggul satu emas lebih banyak dibandingkan tuan rumah Jepang yang membayangi di posisi kedua.

Angkat besi menyumbangkan dua emas tambahan bagi Tiongkok lewat Li Fabin di nomor 61 kg putra dan Chen Lijun untuk 67 kg putra. Keduanya diikuti pasangan Shi Tingmao dan Wang Han yang menyabet loncat indah nomor sinkronisasi 3 meter putri.

Kakak beradik judoka Uta dan Hifumi Abe menciptakan sejarah saat sama-sama menyabet dua dari empat raihan emas Jepang pada Minggu. Uta memenanginya di nomor 52 kg putri, sedangkan sang kakak Hifumi di nomor 66 kg putra.

Catatan sejarah juga ditorehkan oleh skateboarder Jepang Yuto Horigome yang jadi peraih medali emas perdana skateboard di Olimpiade. Soalnya, ini merupakan debut olahraga itu dipertandingkan dalam Olimpiade.

Sementara itu, kontingen Indonesia kembali mendapat tambahan medali setelah Eko Yuli Irawan menyabet perak angkat besi 61 kg putra. Ini membuatnya mencetak sejarah sebagai peraih medali empat edisi Olimpiade.

Baca juga: Presiden: Selamat, Eko Yuli Irawan!

Indonesia kini menempati peringkat ke-19 klasemen perolehan medali. Sebelumnya, Windy Cantika Aisah meraih perunggu angkat besi 49 kg putri. (Ant/OL-14)

BERITA TERKAIT