24 July 2021, 09:46 WIB

Vidya Rafika Tersingkir di Babak Kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020


Ilham Ananditya | Olahraga

ANTARA/Aditya Pradana Putra
 ANTARA/Aditya Pradana Putra
Atlet menembak Indonesia Vidya Rafika Rahmatan Thayiba

VIDYA Rafika Rahmatan Thayiba, satu-satunya atlek menembak Indonesia yang tampil di Olimpiade Tokyo 2020, gagal melaju ke babak final 10 meter air rifle putri setelah hanya mampu menempati peringkat ke-35 dan total 622 poin pada babak kualifikasi di Asaka Shooting Range, Jepang, Sabtu (24/7).

Vidya gagal melaju ke final setelah kalah bersaing dari 50 atlet dalam enam seri uji tembak.

Menempati peringkat ke-35 membuat dirinya tidak mampu melangkah ke final karena hanya delapan penembak teratas yang berhak lolos melaju ke final.

Baca juga: Awal Positif, Greysia/Apriyani Kalahkan Pasangan Malaysia

“Kualifikasi sudah berjalan dan lancar. Ini Olimpiade pertama saya dan harus belajar jadi memang harus cari pengalaman.” ungkap Vidya.

Menurut laman resmi Olimpiade, peringkat teratas ditempati penembak asal Norwegia Jeanette Hegg Duestad, dengan raihan 632,9 poin. Disusul penembak Korea Selatan (Korsel) Park Hee Moon dengan 621,7 poin.

Vidya bertanding di dua nomor di Olimpiade Tokyo, yaitu di nomor 10 m air rifle putri dan 50 m rifle 3 positions.

Setelah gagal di nomor 10 m air rifle, dirinya akan memainkan kualifikasi nomor 50 m rifle 3 positions pada Sabtu (31/7) depan.

“Tampil di Olimpiade ini ibarat memulai semuanya dari nol, apalagi ini nomor pertama yang aku mainkan.” lanjut Vidya, mengutip dari rilis Komite Olimpiade Indonesia (KOI).

Walaupun tersingkir, Vidya mengaku berlaga di Olimpiade Tokyo menjadi kebanggaan tersendiri baginya. Itu merupakan bentuk meneruskan cita-cita lama ibunya sebagai atlet tembak yang pupus pada 2000 lalu untuk maju ke Olimpiade. (Olympic/KOI/OL-1)

BERITA TERKAIT