15 July 2021, 09:12 WIB

Hasil Lelang Barang Memorabilia Federer Capai Rp68,2 miliar


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

AFP/Glyn KIRK
 AFP/Glyn KIRK
Petenis Swiss Roger Federer

MANTAN petenis peringkat satu dunia Roger Federer melakukan lelang untuk barang-barang kenangannya yang menemani perjalanannya di sejumlah pertandingan tenis profesional seperti kaus, raket, hingga sepatu. Dia tidak menyangka barang-barang itu menjadi harta karun di pelelangan.

Petenis Swiss itu melakukan lelang secara daring dan juga langsung. Federer mengaku terkejut karena hasil lelangannya mencapai 3,98 juta euro atau sekitar Rp68,2 miliar.

"Saya kewalahan dengan kemurahan hati dan antusiasme dukungan dari seluruh dunia," kata Federer dalam sebuah pernyataannya, dikutip dari AFP, Kamis (15/7).

Baca juga: Cedera Lutut, Federer Putuskan Mundur dari Olimpiade Tokyo

Disebutkan Federer, hasil lelang tersebut akan disumbangkan ke Yayasan Roger Federer, yang mendukung proyek pendidikan di Afrika Selatan dan negara asalnya Swiss.

Adapun pelelangan barang-barang peraih 20 gelar Grand Slam itu berlangsung dalam dua tahap, dengan tahap pertama berlangsung pada 23 Juni di London, saat barang-barang yang dilelang adalah kenangan Federer di empat Grand Slam yakni Wimbledon, Amerika Serikat Terbuka, Australia Terbuka, dan Prancis Terbuka.

Tahap kedua pelelangan berlangsung secara daring pada 23 Juni - 14 Juli melelangkan barang-barang kenangan Federer dari turnamen lainnya sejak penampilan pertamanya di Olimpiade Sydney 2000, saat ia berusia 19 tahun.

Barang-barang lelangan yang dilakukan secara daring, tercatat menemukan pembeli dari 44 negara di enam benua.

Satu set yang terdiri dari tiga raket yang digunakan Federer di turnamen Wimbledon 2019 bahkan berhasil dijual seharga 162.500 pund sterling atau sekitar Rp3,2 miliar.

"Harga yang dicapai sungguh luar biasa," ucap Federer.

"Kami mulai mengumpulkan barang-barang yang menemani saya di lapangan karena kami pikir mungkin suatu hari nanti kami bisa melakukan sesuatu yang berarti," jelasnya.

"Saya dan Mirka (istri Federer), merasa rendah hati melihat bahwa keputusan yang kami buat dapat membuat perubahan besar bagi begitu banyak anak," pungkasnya. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT