29 June 2021, 14:18 WIB

Vinales Hengkang dari Yamaha, Diburu Aprilia Hingga VR46


Rifaldi Putra Iriant | Olahraga

KARIM JAAFAR / AFP
 KARIM JAAFAR / AFP
Maverick Vinales

PEMBALAP MotoGP tim Monster Energy Yamaha Maverick Vinales telah mengumumkan bahwa dirinya resmi berpisah dengan Yamaha pada akhir 2021 mendatang, setelah bekerja sama di MotoGP sejak 2017 lalu.

Rumor panas soal retaknya hubungan antara Vinales dan Yamaha sejatinya telah menyeruak pada akhir pekan lalu di Grand Prix Belanda, Sabtu, (26/6). Vinales bahkan dikabarkan sudah tidak betah di Yamaha.

Dalam pernyataan Vinales sebelum melakoni balapan GP Belanda akhir pekan lalu, rider berusia 26 tahun itu menyatakan bahwa dirinya telah memikirkan untuk hengkang dari Yamaha sejak awal musim ini, di mana dia merasa tidak dapat menunjukkan potensi penuhnya bersama tim garpu tala itu.

Rumor itu pun kini menjadi kenyataan, dalam keterangan resmi Yamaha Vinales dikonfirmasi tidak akan membela Yamaha lagi di MotoGP musim depan, meski dia masih terikat kontrak dengan Yamaha hingga 2022.

"Dengan sedih kami akan mengucapkan selamat tinggal kepada Maverick pada akhir tahun ini. Kami berada ditengah musim kelima kami bersamanya, dan selama bertahun-tahun kami telah mencapai banyak pencapaian baik itu pencapaian baik maupun buruk," ucap Manajer tim Yamah Lin Jarvis, dikutip dari laman resmi tim, Selasa, (29/6).

Baca juga: Quartararo Raih Kemenangan Keempat Musim Ini di GP Belanda

"Setelah balapan seri Jerman yang merupakan akhir pekan tersulit dalam kemitraan kami, kami telah melakukan diskusi penting di Sirkuit Assen dan sampai pada kesimpulan bahwa kepentingan kedua belah pihak untuk berpisah di masa depan," jelasnya.

"Yamaha akan berusaha maksimal seperti yang selalu kami lakukan untu memberikan dukungan penuh kepada Maverick, dan menyelesaikan musim ini dengan cara terbaik," sebutnya.

Masih memiliki sekitar 11 balapan tersisa hingga akhir musim 2021, Vinales pun mengatakan bahwa dirinya akan bekerja keras untuk menampilkan yang terbaik di sisa musimnya bersama Yamaha.

"Kemitraan ini sangat penting bagi saya untuk lima tahun terakhir, dan itu membuktikan keputusan yang sulit untuk berpisah. Pada musim-musim bersama, kami telah mengalami pencapaian hebat dan juga masa-masa sulit," tutur Vinales.

"Namun, perasaan yang mendasarinya adalah saling rasa hormat dan menghargai. saya berkomitmen penuh dan akan berusaha untuk mencapai hasil terbaik untuk sisa musim ini," tegasnya.

Hingga saat ini belum diketahui ke tim pabarikan mana Vinales akan berlabuh, namun sejumlah kabar menyebutkan tim Aprilia tengah mengincar pembalap Spanyol itu.

Bukan rahasia lagi memang jika Aprilia mencari pembalap yang bisa mendampingi sekaligus mengimbangi Aleix Espargaro. Bos Aprilia, Massimo Rivola bahkan dikabarkan tengah berusaha menghubungi Vinales untuk membicarakan kontrak.

Selain Aprilia, Ducati juga sudah lama mengincar Vinales, diyakini tim balap Italia itu akan mati-matian mengejar Vinales untuk bergabung bersama tim baru mereka Aramco VR46 di MotoGP 2022. (Motorsport/OL-4)

BERITA TERKAIT