16 June 2021, 09:23 WIB

PB Perbakin Targetkan Vidya Rafika Capai Babak Final Olimpiade Tokyo


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
 ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Atlet menembak putri Indonesia Vidya Rafika Rahmatan Toyyiba saat berlatih.

PENGURUS Besar Persatuan Menembak dan Berburu Seluruh Indonesia (PB Perbakin) menargetkan Atlet menembak putri Indonesia, Vidya Rafika Rahmatan Toyyiba dapat mencapai babak final saat berlaga di Olimpiade Tokyo 2020.

Sekretaris Jenderal PB Perbakin Firtian Yudit Swandarta mengatakan, target tersebut sudah sesuai dengan perhitungan setelah melihat skor yang dicatatkan Vidya dalam sesi latihan yang mana kerap menyamai skor petembak kelas dunia.

"Perbakin menargerkan di Olimpiade nanti itu adalah masuk di final. Karena final delapan besar ini nanti skornya menjadi 0 semua dan atlet yang sudah mempersiapkan dirinya dengan mental yang kuat itu yang akan menjadi juara di final nanti," kata Firtian, dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu, (16/6).

"Menembak ini olahraga terukur jadi kami bisa mengukur sejauh mana Vidya bisa masuk final. Karena skor dia itu sudah skor kelas dunia, jadi kesempatan dapat tiket final itu cukup besar," imbuhnya.

Terkait dengan persiapan, Firtian mengatakan PB Perbakin tidak hanya mempersiapka Vidya secara teknis, namun juga secara mental di mana Vidya telah didampingi oleh psikolog demi menjaga kondisi mentalnya sehingga bisa tampil rileks saat bertanding di Olimpiade nanti.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyebutkan dengan segala persiapan yang telah disiapkan PB Perbakin menuju Olimpiade Tokyo, dirinya optimis Vidya bisa tampil gemilang di Tokyo nanti.

"Memang di Olimpiade Tokyo ini kan kita juga sudah berhitung ya secara realistis. Nah, dari persiapan yang sudah dilakukam, kami optimis Vidya bisa sukses dan meraih hasil terbaik di Olimpiade nanti," sebut Zainudin.

Melihat potensi yang sangat baik yang telah dimiliki Vidya, Zainudun pun berharap peraih medali perunggu pada kejuaraan dunia menembak di India bulan Maret lalu itu dapat terus berprestasi kedepannya.

"Vidya ini masih berusia 20 tahun, sehingga garapannya kedepan bisa terus berprestasi dan apa yang ditargetkan kedepannya bisa tercapai," ucap Zainudin.

Jelang Olimpiade Tokyo yang dijadwalkan akam dimulai pada 23 Juli mendatang, PB Perbakin pun terus mematangkan persiapan Vidya sebelum berangkat ke Olimpiade tokyo nanti.

Salah satu upaya yang dilakukan PB Perbakin yakni, akan menurunkan Vidya di uji coba ISSF World Cup Rifle Pistol di Kroasia pada 20 Juni - 3 Juli mendatang. (Rif/OL-09)

BERITA TERKAIT