27 May 2021, 02:00 WIB

Jelang Olimpiade, Vidya Rafika Ikuti Uji Coba di Kroasia


Mediaindonesia.com | Olahraga

Antara/Aditya Pradana Putra
 Antara/Aditya Pradana Putra
Atlet menembak Vidya rafika Rahmatan Tayyiba

ATLET menembak putri Indonesia Vidya Rafika Rahmatan Toyyiba tengah fokus mematangkan persiapan sebelum berlaga di Olimpiade 2020 Tokyo pada 23 Juli- 8 Agustus mendatang.

Demi mematangkan persiapan ke Olimpiade Tokyo, Vidya Rafika, yang bakal turun di nomor 10 meter air rifle putri, dijadwalkan mengikuti uji coba di Kroasia pada Juni mendatang.

“Saya tidak mematok target medali untuk penampilan di Kroasia. Di sana saya ingin menambah jam terbang sehingga saya bisa lebih siap saat tampil di Olimpiade” ujar Fika, sapaan akrabnya, dalam siaran pers Komite Olimpiade Indonesia (KOI)/

Sementara itu Chief de Mission (CdM) Kontingen Indonesia Rosan P. Roeslani dalam kunjungannya ke pelatnas menembak di Senayan, Jakarta, Rabu, mengaku terkesan dengan Fika yang bisa lolos kualifikasi dalam usia yang masih muda.

“Fika ini atlet muda Indonesia yang luar biasa. Dia lolos kualifikasi Olimpiade pada usia 18 tahun. Semoga ia bisa memberikan penampilan terbaik di Olimpiade Tokyo nanti,” kata Rosan.

Baca juga : Lifter Rizki JUniansyah Raih 3 Emas & Pecahkan Rekor Dunia Junior

Fika sebelumnya meraih medali perunggu dalam kejuaraan dunia menembak ISSF World Cup 2021 di New Delhi, India pada 15-26 Maret lalu. Dia menempati posisi ketiga pada nomor beregu 50 meter rifle three positions bersama Audrey Zahra dan Monica Daryanti.

Peraih medali emas SEA Games 2019 itu awalnya dijadwalkan mengikuti ISSF World Cup di Baku, Azerbaijan, 21 Juni-2 Juli. Namun panitia penyelenggara telah memutuskan untuk membatalkan kejuaraan yang menjadi turnamen kualifikasi terakhir Olimpiade Tokyo tersebut karena situasi pandemi Covid-19 di negara tersebut.

Saat ini, Indonesia hampir dipastikan menurunkan 19 atlet dari enam cabang olahraga ke Olimpiade Tokyo.

Keenam cabang olahraga tersebut adalah panahan, menembak, atletik, dayung, bulu tangkis, dan angkat besi. Jumlah itu masih bisa bertambah karena kualifikasi Olimpiade masih berlangsung. (Ant/OL-7)

BERITA TERKAIT