06 May 2021, 14:05 WIB

Bulu Tangkis Diharap Jaga Tradisi Raih Emas di Olimpiade Tokyo


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

MI/RAMDANI
 MI/RAMDANI
Pasangan ganda putra Indonesia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo diharap mampu meraih medali emas di Olimpiade Tokyo 2021. 

MENJELANG Olimpiade Tokyo yang dijadwalkan akan digelar pada 23 Juli - 8 Agustus 2021 mendatang, Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) mengharapkan para atletnya dapat melanjutkan tradisi medali emas untuk Indonesia.

Harapan tersebut disampaikan Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna dalam perayaan HUT ke-70 PBSI bertajuk "70 tahun berkarya untuk prestasi bulu tangkis Indonesia".

"Saya berharap di Olimpiade tahun ini, walau kondisinya sedang sangat tidak kondusif, kita bisa mempertahankan medali emas yang menjadi tradisi kita. Atau bahkan melebihinya," ucap Agung dalam keterangan resmi PBSI yang diterima, Kamis, (6/5).

Dengan Olimpiade Tokyo yang akan digelar di tengah pandemi Covid-19, tentu itu merupakan tantangan sendiri bagi skuad merah-putih untuk dapat tampil maksimal, karenanya Agung mengatakan dengan sisa waktu sekitar 3 bulan sebelum berangakat ke Tokyo para atlenya harus mempersiapkan diri dari sekarang.

"Maka dari itu saya mengajak kita semua untuk menyiapkan diri, menggalang semua kekuatan yang kita miliki, mengatur strategi terbaik yang kita miliki, dan menggunakan dengan maksimal sumber daya yang kita miliki agar cita-cita tersebut bisa tercapai," sebutnya.

Agung juga mengungkapkan pihaknya nanti akan meminta seluruh elemen di PBSI untuk mengecek berapa besar kekebalan imun mereka terhadap virus Covid-19. Hal ini dilakukan sebagai salah satu ikhtiar PBSI untuk terus berprestasi di turnamen Internasional.

"Saya juga berharap semoga pandemi Covid-19 cepat berakhir atau paling tidak mereda, terkait dengan itu saya akan meminta semua elemen PBSI untuk melakukan tes masal tentang imunologi. Karena semha sudah divaksin jadi saya mau ada datanya berapa besat imun kita terhadap virus ini terbentuk," terangnya.

Seperti diketahui, dari cabang bulu tangkis sejumlah nama telah berpeluang untuk mengamankan tiket menuju Olimpade Tokyo Juli 2021 mendatang.

Adapun berdasarkan klasemen Race to Tokyo berikut nama-nama atlet yang memiliki peluang besar akan melaju ke Olimpiade Tokyo yakni, Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting (Tunggal Putra), Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (Ganda Putra), Greysia Polii/Apriyani Rahayu (Ganda Putri), Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (Ganda Campuran).

Selain nama-nama dia atas, Ada juga Gloria Emanuelle Widjaja/Hafiz Faizal (Ganda Campuran) dan Gregoria Mariska Tunjung (Ganda Putri) yang masih berjuanh keras mengumpulkan poin di babak kualifikasi untuk menambah wakil Merah-Putih di ajang olahraga paling akbar tersebut. (Rif/OL-09)

BERITA TERKAIT