05 May 2021, 04:45 WIB

Pengembangan Industri Olahraga Dapat Manfaatkan Media Sosial


Akmal Fauzi | Olahraga

Antara/Budiyanto.
 Antara/Budiyanto.
Menpora Imam Nahrawi (kanan) didampingi legenda juara dunia bulu tangkis tahun 1983 Icuk Sugiarto (kanan).

KEMENTERIAN Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) terus mendorong pengembangan industri olahraga di Tanah Air. Penggunaan media sosial bisa menjadi langkah pengembangan industri olahraga dengan menggaet kalangan pemuda.

Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora Faisal Abdullah menuturkan pentingnya industri olahraga untuk Indonesia. Kemenpora sebagai leading sector dalam bidang olahraga tentu mendukung majunya industri dan bisnis olahraga.

"Pemuda selaku generasi penerus dan agen perubahan bangsa harus dapat menjadi ujung tombak industri dan bisnis olahraga. Dengan demikian Indonesia tidak hanya berjaya pada industri olahraga di pasar nasional, tetapi juga pada pasar global," kata Faisal Abdullah dalam keterangan resminya, Selasa (4/5), di acara Webinar Pelatihan Pengembangan Bisnis dan Industri Olahraga untuk Pemuda Tahun 2021.

Baca juga: PB PASI Targetkan Zohri Lolos ke Semifinal di Olimpiade Tokyo

 

Di kesempatan yang sama, mantan Menpora Hayono Isman menjelaskan pentingnya sifat adaptif dan mengenal pasar dalam menjalankan bisnis industri olahraga. Misalnya, kata dia, karakter milenial yang tidak mau ketinggalan dapat dimanfaatkan untuk memopulerkan olahraga masyarakat melalui media sosial sekaligus menumbuhkan industri.

Icuk Sugiarto (legenda bulu tangkis dan pemilik Icuk Sugiarto Training Camp) dan Yano Irano (Direktur PT Maestro Perkasa Sportindo) membagikan pengalaman dalam membangun bisnis dari awal serta hambatan-hambatan yang dihadapi. Mereka berharap, pengembangan industri olahraga bisa mendidik atlet-atlet muda sebagai bentuk regenerasi.

Kepala Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional (PP-PON) Kemenpora Tri Winarno mengatakan dari webinar ini diharapkan pemuda bisa memiliki pengetahuan mengenai bisnis dan industri olahraga yang dapat meningkatkan perekonomian bangsa dan mempercepat peningkatan prestasi olahraga nasional. (OL-14)

BERITA TERKAIT