14 March 2021, 12:45 WIB

Bekuk Bautista Agut, Basilashvili Raih Gelar Qatar Terbuka


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

Samer Al-Rejjal / Qatar Tennis Federation / AFP)
 Samer Al-Rejjal / Qatar Tennis Federation / AFP)
Petenis Georgia Nikoloz Basilashvili mengepalkan tangannya saat memenangi pertandingan di turnamen Qatar Terbuka 2021.

PETENIS nonunggulan asal Georgia Nikoloz Basilashvili, sukses merebut gelar Qatar Terbuka 2021 usai menaklukkan unggulan kelima Roberto Bautista Agut dengan dua set langsung 7-6(5), 6-2, Sabtu, (13/3) waktu setempat.

Mengalahkan mantan petenis peringkat satu dunia, Roger Federer di babak perempat final dalam pertandingan tiga set, Basilashvili merebut gelar dalam performa terbaiknya di Qatar.

"Saya juga tidak tahu bagaimana bisa bermain bagus dalam kondisi pertandingan yang lebih sulut," ucap Basilashvili, dikutip dari ATPtour, Minggu, (14/3) WIB.

"Turnamen ini adalah salah satu ATP 250 terberat yang pernah saya mainkan, turnamen ini memiliki tiga pemain top 10. Ini mengejutkan bahwa saya bisa bermain dengan baik, di saat yang sama saya bahagia atas kemenangan ini," imbuhnya.

Memasuki final dengan rekor 1-3 head-to-head dengan Bautista Agut, petenis Georgia itu menampklkan permainan tenis terbaiknya untuk mengklaim gelar ATP keempat sepanjang karirnya.

"Saya sangat bahagia. Saya sejatinya tidak mengharapkan itu, tetapi pada saat yang sama saya melakukan kerja keras untuk meraih gelar. Saya merasa baik di lapangan, saya bermain selama setengah tahun terakhir dengan banyak tekanan di tubuh saya. Entah bagaimana saya menemukan cara untuk melakukan permainn terbaik saya," tuturnya.

Melaju ke babak final dengan mengalahkan unggulan teratas Dominic Thiem, dan unggulan ketiga Andrey Rublev, Bautista Agut yang tengah mengincar gelar ATP ke-10 itu mengungkapkan bahwa Basilashvili bermain sangat agresif.

"Saya tidak suka kekalahan. Saya pikir saya bisa bermain lebih baik tetapi, pertandingan ini adalah miliknya. Saya ingin memberi selamat kepada Basilashvili. Dia bermain bagus, bermain sangat agresif," ucap Bautista Agut.

"Sekarang saatnya untuk pulih, terus bekerja, terus meningkatkan permainan dan semoga saya bisa kembalo tahun depan untuk mendapatkan gelar lagi," tukasnya. (Rif/ATPtour/OL-09)

BERITA TERKAIT