03 September 2019, 07:00 WIB

Lolos ke Perempat Final AS Terbuka, Berrettini Cetak Sejarah


Antara | Olahraga

AFP/Emilee Chinn/Getty Images
 AFP/Emilee Chinn/Getty Images
Matteo Berrettini

MATTEO Berrettini menjadi petenis putra Italia kedua yang melangkah ke perempat final Amerika Serikat (AS) Terbuka, Selasa (3/9) dini hari WIB, 42 tahun setelah Corrado Barazzutti meretas jalan ke semifinal di New York.    

Berrettini, unggulan ke-24, melewati hadangan petenis Rusia berperingkat 43 Andrey Rublev dengan skor 6-1, 6-4, dan 7-6 (8/6) untuk mencapai delapan besar pertamanya dalam turnamen Grand Slam.    

"Ini hal yang benar-benar gila. Saya tidak mempercayainya untuk saat ini. Saya perlu beberapa jam untuk memahami apa yang terjadi," kata Berrettini yang akan menantang pemenang laga antara petenis Prancis unggulan ke-13 Gael Monfils dan petenis Spanyol Pablo Andujar.    

"Saya cuma bisa senang. Menyaksikan tim dan keluarga saya di sini dan menangis, bagi saya itu luar biasa," sambung dia seperti dikutip AFP.        

Baca juga: Osaka Tersingkir dari AS Terbuka

Berrettini mengayunkan satu langkah lebih jauh dari pada keberhasilan dia mencapai babak 16 besar Wimbledon Juli lalu sebelum dikalahkan Roger Federer.    

Petenis Italia ini sempat mendapatkan tekanan dari mengatasi Rublev ketika servisnya dipatahkan pada kedudukan 6-5 dalam set ketiga, tetapi memastikan kemenangan setelah bertanding selama dua jam 11 menit yang diwarnai sebuah tie-break yang sengit.    

"Saya kira saya telah melewati sebuah pertandingan yang luar biasa. Saya kira Andrey bermain sungguh bagus dan bertanding dengan kepercayaan diri," kata Berrettini.    

"Saya menggabungkan tenis saya, menggunakan potongan, forehand dan servis. Saya kira semua senjata saya benar-benar baik hari ini," pungkasnya. (OL-2)

BERITA TERKAIT