03 October 2023, 15:40 WIB

Kawasan Hutan Gunung Talaga di Kecamatan Campaka Terbakar


Benny Bastiandy | Nusantara

MI/Benny Bastiandy.
 MI/Benny Bastiandy.
Warga dan elemen lain berupaya memadamkan api yang membakar kawasan hutan di Gunung Beser di Kampung Lembursawah Desa Sukajadi.

KEBAKARAN hutan dan lahan terjadi di Kampung Gunung Talaga RT 02/05 Desa/Kecamatan Campaka Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (3/10). Pemicunya diduga akibat pembakaran semak belukar.

Anggota Satpol PP Kecamatan Campaka, Cep Yudi, menuturkan kebakaran hutan di lokasi terjadi sekitar pukul 10.30 WIB. Dari keterangan yang dikumpulkan, kata Yudi, penyebab kebakaran diduga akibat pembakaran semak belukar saat membuka lahan baru.

"Terjadi kebakaran berawal ada warga yang sedang membuka lahan untuk pertanian. Warga dengan sengaja membakar semak belukar. Karena tiupan angin, bara api dari semak belukar itu terbang atau merembet ke dalam hutan," kata Yudi, Selasa (3/10).

Baca juga: Kawasan Gunung Geger Bentang Kembali Terbakar

Akibat kebakaran itu, kata Yudi, lahan di kawasan hutan hangus terbakar. Warga dibantu elemen lain berupaya memadamkan api dengan alat seadanya. "Kami bersama warga, KRPH (Kesatuan Resort Pemangkuan Hutan) Campaka, Babinsa, aparatur Desa Campaka, serta Retana Desa Campaka berupaya memadamkan api karena dikhawatirkan terus meluas," jelasnya.

Upaya pemadaman dihadapkan cukup banyak kendala. Di antaranya kondisi vegetasi di lokasi yang kering sehingga api sulit dipadamkan.

Baca juga: 3 Peristiwa Kebakaran Terjadi di Jakarta Selasa Dini Hari

"Api sulit dipadamkan karena material semak belukar yang kering dan mudah terbakar. Karenanya, api merembet dengan cepat," tuturnya.

Tidak ada korban pada kejadian itu. Begitu pun kondisi warga, tidak ada yang diungsikan. "Hanya terdapat beberapa rumah di sekitar lereng Gunung Talaga yang terdampak dari kepulan asap," pungkasnya.

Belum diketahui persis luasan lahan yang terbakar. Hingga saat ini petugas gabungan dari berbagai elemen masih bersiaga di lokasi kejadian untuk mengantisipasi hal-hal tak diinginkan. (Z-2)

BERITA TERKAIT