01 October 2023, 17:30 WIB

Sejumlah Wilayah Bali Masuk Ranking Teratas Hari tanpa Hujan


Ruta Suryana | Nusantara

MI/Arnold Tanti.
 MI/Arnold Tanti.
Hutan di lereng Gunung Agung Karangasem Bali terbakar.

STASIUN Klimatologi Jembrana mencatat sejumlah wilayah di beberapa kabupaten di Bali masuk ranking teratas hari tanpa hujan (HTH) dalam perkembangan hingga 30 September 2023.

Ada empat wilayah kecamatan yang masuk ranking teratas dari hasil monitoring hari tanpa hujan, yakni Kubu dan Karangasem tercatat dalam 90 hari, Kubutambahan (Kabupaten Buleleng) dalam 89 hari, Kintamani (Kabupaten Bangle) 84 hari, dan Gerokgak (Kabupaten Buleleng) 84 hari.

Baca juga: Kebakaran di Gunung Agung Bali Berhasil Dipadamkan

Namun Stasiun Klimatologi Jembrana (BMKG Bali) menyebutkan secara umum HTH di Bali berada pada kategori masih ada hujan hingga kekeringan ekstrem (lebih dari 60 hari tidak turun hujan). Distribusi curah hujan di wilayah Bali secara umum antara 0 hingga 38,4 mm/dasarian.

Kepala Stasiun Klimatologi Jembrana, Aminudin, dalam rilisnya juga menyampaikan tentang peringatan dini kekeringan Provinsi Bali hingga 30 September 2023 tercatat wilayah yang tidak hujan berturut-turut lebih dari 30 hari.

Baca juga: RSUD Dr Slamet Garut Terbakar, Ratusan Pasien Dievakuasi

Daerah itu ialah Gerokgak, Kubutambahan, Sawan, Sukasada (Kabupaten Buleleng), Melaya (Kabupaten Jembrana), Kintamani (Kabupaten Bangli), Kubu (Kabupaten Karangasem), Kuta, Kuta Utara, Kuta Selatan (Kabupaten Badung), Nusa Penida (Kabupaten Klungkung), Denpasar Timur, dan Denpasar Selatan. (Z-2)

BERITA TERKAIT