03 August 2023, 18:51 WIB

Masyarakat Diminta Waspada Karhutla selama Kemarau


Rahmat Rullah | Nusantara

ANTARA/JOJON
 ANTARA/JOJON
Petugas berusaha memadamkan Karhutla, di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai (TNRAW) di Bombana, Sulawesi Tenggara, Jumat (26/2/2021).

SEKRETARIS Daerah (Sekda) Sulawesi Tenggara (Sultra) Asrun Lio menghimbau kepada seluruh masyarakat terkait dengan kewaspadaan terhadap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Bukan tanpa alasan, ia menyampaikan hal tersebut mengingat saat ini sudah memasuki musim kemarau sehingga karhutla sangat rentan terjadi di mana-mana.

Namun, kata dia, Sultra saat ini masih masih dalam kondisi cuaca yang tidak menentu walaupun di daerah lain sudah memasuki kemarau.

Baca juga: Awas Bencana, Karhutla Menelan 82,2 Hektare di Jawa Tengah

"Karena ini kita masih berada pada cuaca yang masih musim transisi ini, kita harapkan masyarakat tetap waspada terhadap kebakaran hutan lahan," ungkap dia.

"Jadi berhati-hati, jangan sembarangan membuang puntung rokok atau membakar lahan dengan tanpa alasan, apalagi di daerah-daerah yang kering yang sangat mudah, serta rawan kebakaran itu. Ini kita ingatkan masyarakat di Sultra," imbau Asrun.

Baca juga: Luas Karhutla Riau Tembus 2.120,98 Hektare

Ia berharap, karhutla ini tidak terjadi di Sultra, walaupun beberapa waktu lalu Taman Nasional Rawa Aopa dan sekitarnya sempat mengalami kebakaran. (Z-6)

BERITA TERKAIT