01 June 2023, 12:03 WIB

Peringatan Harlah Pancasila, Ono Surono Tegaskan Pancasila sebagai Way Of Life Bangsa Indonesia


Media Indonesia | Nusantara

DOK/PDIP JAWA BARAT
 DOK/PDIP JAWA BARAT
Ketua PDIP Jawa Barat Ono Surono memimpin upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di kantor PDIP Kabupaten Indramayu

KETUA PDI Perjuangan Jawa Barat Ono Surono memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila ke-78 di halaman DPC PDI Perjuangan Kabupaten Indramayu, Kamis (1/6).

Dalam sambutannya, Ono Surono yang bertindak sebagai inspektur upacara ini mengingatkan kembali bahwa selain sebagai Filosophi Gronslag, Pancasila juga sebagai Way Of Life, jalan hidup Bangsa Indonesia.

"Pancasila juga harus menjadi ideologi yang bergerak untuk enyelesaikan masalah Bangsa Indonesia. Pancasila-lah yang menjadi perekat dan mempersatukan sejak Indonesia belum berdiri, Indonesia Merdeka, dan sampai dengan saat ini," tambahnya.

Dia mengatakan Presiden pertama RI Soekarno menyampaikan bahwa Pancasila senyatanya sudah hidup di tengah-tengah rakyat yang saat itu berjumlah lebih dari 700 suku, 1.200 lebih bahasa dan berbagai macam agama dan keyakinan.

Untuk itu, tegas Ono,  seluruh kader 3 Pilar Partai (struktural, legislatif dan eksekutif) seyogyanya wajib untuk menjadikan Pancasila sebagai jalan untuk bisa mensejahterakan rakyat.

"Pancasila harus menjadi dasar untuk membangun gotong royong antara Partai dengan Rakyat untuk nenyelesaikan masalah-masalah rakyat," tuturnya.

PDIP Jawa Barat

Sementara itu, upacara peringatan Hari Lahir Pancasila ke-78 di DPD PDI Perjuangan Jawa Barat digelar Jalan Pelajar Pejuang 45 No 1, Kota Bandung. Bertindak sebagai inspektur upacara Bendahara DPD PDI Perjuangan Jabar Ineu Purwadewi Sundari.

"Dalam pidatonya, Bung Karno menyatakan bukan dirinya yang menemukan Pancasila. Beliau mengakui hanya sebagai penggali Pancasila. Namun, tak dapat dipungkiri, konsepsi tentang Pancasila adalah hasil pergulatan Bung Karno sejak muda. Buah perenungan atas perjuangan berpuluh-puluh tahun, termasuk hasil kontemplasi beliau saat dalam pembuangan di Ende," tutur Ineu.

Upacara diikuti jajaran pengurus DPD, anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jabar, bakal calon legislatif, sayap dan badan partai. (N-2)

BERITA TERKAIT