27 May 2023, 23:37 WIB

Sandiaga Uno Apresiasi Semangat Eiger Lestarikan Bumi


Media Indonesia | Nusantara

DOK/EIGER
 DOK/EIGER
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengunjungi Toko Eiger di Jalan Sumatra, Kota Bandung

Membawa pesan utama tentang keberlanjutan lingkungan, Eiger Adventure (Eiger) terua melangkah bersama untuk menjaga dan melestarikan bumi.

Bagi Eiger, pengalaman sebagai brand penyedia perlengkapan luar ruang asal Indonesia sejak 1989 silam, mengenalkan EIGER ke jutaan kawan yang punya semangat serupa. Karena EIGER tak mungkin hanya bergerak sendiri. Sebab melestarikan bumi, juga keindahan alam Indonesia adalah tugas bersama.  

Pesan ini disampaikan EIGER dalam momen hangat pertemuan dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno pada Sabtu (27/5) berlokasi di Toko Eiger Jalan Sumatra, Braga, Kota Bandung. Sejumlah keluarga besar EIGER menerima kedatangan rombongan Kemenparekraf.
 
Ronny Lukito selaku Pendiri juga Komisaris PT Eigerindo Multi Produk Industri, perusahan yang menaungi brand EIGER menyambut langsung Menparekraf Sandiaga Uno juga rombongan. Ronny mengucapkan rasa syukur dan terima kasihnya atas apresiasi pemerintah Indonesia yang terus mendukung EIGER menjadi perusahaan yang lebih baik dan bertanggung jawab.

“Dalam perjalanannya, EIGER telah menanamkan tiga nilai inti yaitu: alam, manusia dan inovasi yang menjadi pedoman dalam setiap keputusan dan tindakan yang kami ambil. Kami memahami bahwa kesuksesan bisnis harus selalu diimbangi dengan tanggung jawab sosial dan lingkungan serta memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia,” ucap Ronny Lukito.

Beberapa capaian EIGER yang telah dilakukan sejak pandemi perlahan mereda dipaparkan Riadi Suwarno selaku General Manager Marketing EIGER. Mulai dari pembukaan toko internasional pertama EIGER di Kaki Gunung Eiger di Swiss, hingga komitmen EIGER untuk menambah terus jumlah material terbarukan dalam setiap produksinya.

“Tantangan bagi kami untuk terus belajar, berkarya, melakukan inovasi, kolaborasi dan pemberdayaan dengan semangat berkelanjutan. Maret 2023 kami mengenalkan kualitas brand asal Indonesia, membuka toko internasional EIGER untuk pertama kalinya di Kota Interlaken, Swiss. Kami berharap toko EIGER di kaki Gunung Eiger bisa membawa banyak dampak positif untuk semua pihak,” ujar Riadi Suwarno.

Dalam kunjungannya ke Toko Eiger di Jalan Sumatra Bandung, Sandiaga Uno juga mengapresiasi langkah pasti EIGER untuk mengurangi berbagai dampak lingkungan dalam keseluruhan proses bisnisnya. Menparekraf yang kerap dipanggil dengan sebutan Mas Menteri ini juga mengajak EIGER bisa menjadi kawan bagi siapapun yang ingin menjelajahi keindahan alam di Indonesia.

“Saya mengapresiasi komitmen EIGER dalam mengurangi berbagai dampak lingkungan di keseluruhan proses bisnisnya. Hal ini sejalan dengan visi pariwisata dan ekonomi kreatif tanah air yakni pariwisata dan ekonomi kreatif yang maju, berdaya saing, berkelanjutan serta mengedepankan kearifan lokal. EIGER juga tumbuh menjadi brand lokal kebanggaan tanah air yang banyak membuka lapangan kerja bagi masyarakat sehingga turut mendorong kebangkitan ekonomi nasional," ujar Menparekraf Sandiaga.

Lebih lanjut, dalam pertemuan ini, EIGER memaparkan komitmennya kepada masyarakat Indonesia untuk terus menambah produksi EIGER yang terbuat dari material terbarukan. Memaksimalkan penggunaan polyester daur ulang dari limbah botol plastik, kain dari serat kayu, katun organik, hingga penggunaan bambu sebagai material yang diambil dari alam.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Harimula Muharam selaku General Manager Product and Sustainability Project Leader EIGER. Menurut paparannya, tahun 2022 lalu ada 14% dari seluruh produk yang diproduksi EIGER terbuat dari material terbarukan.

“Kami optimistis sebelum mencapai tahun 2030 sudah lebih dari 20% produk EIGER terbuat dari bahan-bahan daur ulang. Memprioritaskan semua sumber material terbarukan,” jelas Harimula.

Eiger Adventure Land

Hadir dalam pertemuan ini, Imanuel Wirajaya selaku Direktur Eiger Adventure Land, sebuah kawasan ekowisata bertaraf internasional yang sedang dibangun EIGER di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Kabupaten Bogor.

Imanuel memaparkan, Eiger Adventure Land merupakan proyek ekowisata yang mendukung kebangkitan perekenomian pariwisata di indonesia, terlebih usai pandemi perlahan mereda. Nantinya, di Eiger Adventure Land ini, sedang disiapkan sebuah jembatan gantung dan kereta gantung salah satu yang terpanjang di Asia Tenggara dan akan menjadi salah satu ikon utama pariwisata Jawa Barat.

“Proses pembangunan Eiger Adventure Land termasuk fasilitas kereta gantung sepanjang 863 meter, dan jembatan gantung sepanjang 530 meter telah mencapai 75%. Mohon doa dan dukungannya agar Eiger Adventure Land bisa segera dibuka, sebagai bentuk terima kasih kami kepada masyarakat Indonesia yang sudah mendukung EIGER selama 34 tahun terakhir,” pungkas Imanuel. (N-2)

BERITA TERKAIT