07 May 2023, 21:31 WIB

Jalan di Sekitar Jembatan Cekdam Cigudaleun Ambles, Warga Terisolasi


Kristiadi | Nusantara

MI/Krsitiadi
 MI/Krsitiadi
Jalan ambles di Tasikmalaya

INTENSITAS hujan tinggi yang terjadi di berbagai daerah menyebabkan jalan dekat jembatan Cekdam Cidugaleun yang Kecamatan Sariwangi dan Kecamatan Cigalontong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, ambles

Kejadian itu terjadi Minggu (7/5) sekitar pukul 17.00 WIB dalam musibah tersebut tidak ada korban jiwa tapi ribuan warga terisolasi.

Dua video dalam durasi waktu 29 detik dan 16 detik menyebar melalui aplikasi pesan WhatsApp atas kejadian jalan amblas di jembatan Cekdam Cidugaleun yang menghubungkan Kecamatan Sariwangi dan Cigalontang hingga beberapa mobil dan motor terjebak tidak bisa melintas. Namun, warga setempat menutup akses jalan menggunakan baja ringan dan bambu.

Baca juga : Tabrakan Truk Tronton dengan Mobil Elf di Brebes, Lima Terluka

Jalan dekat jembatan Cekdam Cidugaleun di Desa Cidugaleun, Kecamatan Sariwangi tidak bisa dilalui kendaraan maupun pejalan kaki, karena terdapat lubang besar sepanjang 10 meter dan kedalaman 4 meter yang berada di dekat Sungai Ciwulan. 

Aparat Desa Cidugaleun, Wahyu mengatakan, amblasnya jalan dekat jembatan Cidugaleun awalnya longsor di pinggir jalan dan warga setempat masih bisa melewati, tapi beberapa detik setelahnya, terjadi longsor kembali, sehingga menyebabkan jalan amblas.

Baca juga : Polres Tegal Dalami Bus Masuk Jurang terkait Ulah Anak Mainkan Rem

"Hujan deras yang terjadi membuat di bawah jembatan terdapat aliran air sungai, longsoran tanah makin melebar sampai ujung jembatan tapi jembatan Cekda Cidugaleun sepanjang 100 meter terancam. Pondasi jembatan sudah tergerus air dan kemungkinan terancam tetapi mudah-mudah tidak runtuh," katanya, Minggu (7/5).

Ia mengatakan, untuk menjaga hal yang tak diharapkan warga menutup jalan dari kedua arah agar tidak ada kendaraan dan pejalan kaki melewati jalan tersebut karena di lokasi kejadian longsoran di sekitar jembatan masih terus meluas. 

"Atas amblasnya ruas jalan dekat jembatan Cekdam Cidugaleun, Kecamatan Sariwangi ada beberapa petugas dari Polsek Cigalontang beserta warga melakukan penjagaan di sekitar lokasi. Karena, penjagaan itu dilakukannya agar tidak terjadinya hal yang tidak diinginkan, tapi atas kejadian itu sudah dilaporkan ke BPBD dan pemerintah daerah," ujarnya. (Z-5)

BERITA TERKAIT