05 March 2023, 23:40 WIB

Terjangan Puting Beliung Rusak Ratusan Rumah Di Madiun


Widhoroso | Nusantara

Medcom
 Medcom
Ilustrasi

PUTING beliung menerjang tiga desa di Kecamatan Wonoasri, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Minggu (5/3) petang. Akibatnya, ratusan rumah warga mengalami kerusakan.

"Sesuai data BPBD Kabupaten Madiun, angin puting beliung melanda di Desa Sidomulyo, Plumpungrejo, dan Jatirejo Kecamatan Wonoasri," ujar Bupati Madiun Ahmad Dawami saat meninjau lokasi yang terdampak di Wonoasri Madiun malam ini.

Menurut dia, petugas BPBD setempat masih melakukan pendataan tentang jumlah rumah warga yang rusak. Namun diperkirakan mencapai ratusan unit rumah dengan kategori rusak ringan hingga sedang.

Selain melakukan pendataan, petugas juga melakukan upaya perbaikan darurat karena bencana tersebut juga menyebabkan sejumlah pohon tumbang hingga menyebabkan gangguan arus listrik. Perbaikan darurat di antaranya dilakukan evakuasi pohon tumbang dengan menggergaji batang hingga dahannya yang menimpa tiang dan kabel listrik, menutup akses jalan, hingga merusak sejumlah rumah.

"Saya bersama tim BPBD langsung meninjau ke lokasi terdampak bencana guna dilakukan penanganan awal. Saat ini masih proses pendataan," kata Bupati.

Adapun rumah warga umumnya mengalami kerusakan di bagian atap. Banyak genting beterbangan setelah disapu angin kencang disertai hujan. Selain merusak rumah warga dan memadamkan aliran listrik, puting beliung juga sempat menghambat perjalanan KA Jayakarta relasi Surabaya Gubeng-Pasar Senen akibat jalur rel tertutup pohon tumbang di wilayah Desa Sidomulyo.

Pihak BPBD mengimbau warga untuk selalu waspada, karena diperkirakan intensitas curah hujan masih tinggi mengguyur wilayah Kabupaten Madiun dan sekitarnya pada awal 2023 ini. Kondisi tersebut rawan terjadi bencana hidrometeorologi, seperti puting beliung, tanah longsor, banjir, dan banjir bandang. Warga yang tinggal di daerah rawan bencana diminta untuk selalu siaga bencana. (OL-15)

BERITA TERKAIT