09 February 2023, 10:26 WIB

Panitia Sebut 5 Bedug Hilang saat Harlah 1 Abad NU, Ini Faktanya


Heri Susetyo | Nusantara

MI/Heri Susetyo
 MI/Heri Susetyo
5 dari 9 bedug yang digunakan saat Harlah 1 Abad NU di Sidoarjo disebut panita hilang, Rabu (8/2/2023)

PANITIA Harlah 1 Abad NU mengklarifikasi peryatannya yang menyebutkan lima bedug yang digunakan pada pembukaan Resepsi Puncak 1 Abad NU hilang. Sebenarnya bedug tersebut tidak hilang melainkan diamankan.

Sebelumnya pada Rabu sore, Wakil Ketua Panitia Harlah 1 Abad NU Rahmat Hidayat Pulungan mengaku, lima dari sembilan bedug yang ada di stadion hilang lima. Hilangnya bedug-bedug tersebut diketahui saat dilakukan pengambilan peralatan dalam stadion.

Padahal, kata Rahmat Hidayat, bedug-bedug tersebut akan dihibahkan ke pesantren-pesantren di Jawa Timur. Maka dia meminta pada pelaku untuk mengembalikan bedug-bedug tersebut, atau kalau bisa diantarkan langsung ke pesantren-pesantren yang ditunjuk.

Namun pernyataan Rahmat pada Rabu sore itu diklarifikasi pada malam harinya. Menurut dia, bedug-bedug berukuran besar itu tidak hilang, melainkan diamankan.

"Mohon maaf sebelumnya saat konpers sore tadi ada mis komunikasi, awalnya info yang kami terima lima bedug hilang, setelah ada laporan perkembangan malam ini ternyata bedugnya tidak hilang tapi sudah diamankan," ujar Rahmat, Rabu (8/2) malam. Sayangnya, Rahmat tidak menjelaskan detail di mana bedug-bedug tersebut diamankan.

Rahmat mengakui dengan banyaknya jamaah yang hadir membuat panitia kerja ekstra mengatur jalannya acara. Mis komunikasipun tak terhindarkan. Salah satunya informasi jumlah jamaah yang datang dan terkait keberadaan bedug yang dipakai saat acara pembukaan 1 Abad NU oleh Presiden Joko Widodo tersebut.

"Awalnya diperkirakan berjumlah 1,3 juta jamaah ternyata laporan yang diterima panitia yang dihimpun dari berbagai ranting dan PCNU se Indonesia jumlah jamaah yang hadir di resepsi 1 Abad NU mencapai 4 juta lebih," tambah Rahmat.

Wakil Sekjen PBNU itu juga menyampaikan apresiasinya kepada Pemkab Sidoarjo, TNI-Polri yang telah membantu kelancaran resepsi Puncak Harlah 1 Abad NU hingga acara selesai berlangsung aman dan lancar. Atas nama PBNU dia menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada Bupati Sidoarjo beserta jajarannya, TNI-Polri serta panitia harlah dari Sidoarjo dan Jawa Timur yang memberikan supportnya kepada panitia puncak Harlah 1 Abad NU.

"Apresiasi kami dari panitia harlah 1 Abad NU untuk warga Sidoarjo yang begitu antusiasnya membantu mulai dari menyediakan makanan dan minuman gratis hingga tempat istirahat para jamaah semua merasa terlayani dengan baik," katanya. (OL-13)

Baca Juga: Satu Abad NU, Perempuan Bangsa Bagi-bagi Nasi Kotak

BERITA TERKAIT