30 January 2023, 17:32 WIB

Pelayaran Masih Dihentikan, Penumpang Menumpuk Di Pelabuhan Tanjung Kalian


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

ANTARA
 ANTARA
Ilustrasi

PT Angkutan Sungai Danau dan penyeberangan (ASDP) Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok, Bangka Barat (Babar), Bangka Belitung hingga kini masih menghentikan operasional penyerberangan ke Tanjung Api Api Sumatera Selatan (Sumsel). Hal itu dilakukan akibat kondisi cuaca yang masih buruk.

General Manager PT ASDP Pelabuhan Tanjung Kalian, Christopher Samosir mengatakan belum bisa memastikan kapan jelauar pelayaran kembali dibuka untuk melayani penyeberangan ke Tanjung Api Api Sumsel. "Kita belum bisa pastikan, saat ini cuaca masih buruk, makanya kita belum berani izinkan kapal nyebrang ke Sumsel, demi keselamatan," kata
Christopher, Senin (30/1).

Ia mengaku, dihentikannya aktivitas penyeberangan menimbulkan penumpukan penumpang dan kendaraan baik pribadi maupun truk di area pelabuhan. Pihaknya meminta para penumpang untuk memaklumi kondisi cuaca saat ini, sebab jika dipaksakan akan berbahaya bagi keselamatan.

Menurutnya penghentian sementara pelayaran kapal feri di pelabuhan Tanjung kalian Muntok ini berdasarkan surat dari Balai Pengelola Transfortasi Darat (BPTD), Minggu (29/1) lalu. Hingga saat ini lanjutnya kondisi cuaca di di perairan penyeberangan Tanjung kalian Muntok-Tanjung Api Api Sumsel masih buruk. "Informasi yang kita dapat gelombang masih tinggi begitu juga dengan angin masih kencang," ucap dia. (OL-15)

BERITA TERKAIT