30 January 2023, 01:05 WIB

Empat Poter Tim Ranger Konservasi Leuser Diserang Harimau di Aceh Selatan


Amiruddin MR | Nusantara

MI/Amiruddin A.R
 MI/Amiruddin A.R
Harimau Sumatera yang tertangkap saat masuk kawasan pemukiman di Provinsi Aceh, beberapa waktu lalu.

KONFLIK manusia dan harimau liar terjadi di kawasan hutan perbukitan Sampai, Kemukiman Manggamat, Kecamatan Kluet Tengah, Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh. Peristiwa itu berawal pada Sabtu (28/1), ketika empat orang warga pengantar barang dan bahan logistik (poter) kepada Team Ranger Forum Konservasi Leuser (FKL) yang sedang melakukan kegiatan di kawasan rimba itu.

Empat pengantar barang yang tergabung dalam kelompok Team Ranger itu masing-masing bernama Rusdianto, Harri Kafri, Ardiman dan Asari.

Menurut Muslim, warga Kemuliman Manggamat, Minggu (29/1), Mereka berempat mensyusuri rimba dengan memanggu ransel dan berbagai barang kebutuhan selama di kegiatan di hutan pedalaman Aceh Selatan tersebut.

Dalam perjalanan tiba-tiba keluar harimau liar dari hutan semak itu. Hewan buas berkuku panjang tersebut langsung mengejar dan menyerang epat lelaki muda yang membawa beban barang logistik tersebut.

Untung tak dapat diraih rugi tak dapat ditolak. Sekejab saja si kucing belang raksasa yang akrab disebut nenek oleh warga setempat menerkam Rusdianto, 27.

Saat serangan kilat para korban sempat bergumul dan melepaskan diri dari serangan harimau penghuni hutan itu. Akibatnya Rusdianto mengalami luka cakar di bagian wajah dan lengan. Kondisi korban cukup parah.

Lalu Harry Kafri mengalami luka-luka pada bagian kaki. Sedangkan Ardiman dan Asari berhasil kabur dari amukan harimau liar Sumatera itu.

Warga Manggamat yang mendapat kabar musibah itu langsung turun ke lokasi dan mengevakuasi korban luka kritis Rusdianto dan Harry Kafri ke Puskesmas Kluet Tengah. Dibantu pesonel Koramil dan Polsek setempat, warga mencari keberadaan Ardiman dan Asari yang kabur saat menghindar dari serangan harimau.

"Insya Allah kedua orang yang dicari di hutan itu telah berhasil dievakuasi ke perkampungan Manggaman tadi malam" tutur Muslim, warga Kluet Tengah. (OL-13)

Baca Juga: Pembalak Liar Di Siak Tewas Diterkam Harimau Sumatera

 

BERITA TERKAIT