10 January 2023, 21:00 WIB

Ganjar Minta Pemda Brebes Percepat Program Penurunan Kemiskinan di 5 Kecamatan Ini


Supardji Rasban | Nusantara

dok.ant
 dok.ant
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, memberikan pengarahan kepada Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin beserta jajaran forkopimda Kabupaten Brebes

GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo, memberikan pengarahan kepada Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin beserta jajaran forkopimda Kabupaten Brebes, terkait kondisi kemiskinan, stunting dan bencana.

Pada kesempatan itu, Ganjar menyampaikan prioritas dan target yang harus diselesaikan Pj Bupati Brebes adalah soal percepatan penurunan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Brebes.

"Saya minta program pengelolaan untuk penurunan angka kemiskinan ini intens dan Pak Urip sebagai Pj sudah menyiapkan. Pemerintah daerah kemarin konsepnya sudah bagus tinggal lakukan percepatan," ujar Ganjar di Pendopo Brebes, kemarin.

Berdasarkan data Pemkab Brebes, terdapat 5 kecamatan yang masuk kategori kemiskinan ekstrem di Kabupaten Brebes, yaitu Losari (5 desa), Bulakamba (5 desa), Bantarkawung (5 desa), Larangan (5 desa) dan Ketanggungan (5 desa).

Ganjar pun menargetkan 16.422 jambanisasi, rumah tidak layak huni (RTLH) 19.129 unit, bantuan listrik 4.463 sambungan, bantuan akses air 6.597 sambungan dan bantuan sosial dari anggaran belanja tidak terduga senilai Rp664.664.000 dengan sasaran penerima bantuan sebanyak 23.240 orang.

Maka, lanjut Ganjar, verifikasi dan validasi data yang akurat terkait penduduk miskin menjadi hal penting yang harus dilakukan terlebih dahulu oleh Pemkab Brebes.

"Tapi saya ingin memulai dengan verifikasi dan validasi data, kemudian kita bisa masuk dan bisa menemukan mana yang masuk kategori ekstrem dan tidak ekstrem," ucap Ganjar.

Meski demikian, Ganjar mengapresiasi program-program yang telah dicanangkan Pemkab Brebes dalam pengentasan kemiskinan yang bisa dimulai dari pencegahan kasus stunting, antara lain dengan Gerakan 1 OPD 1 Binaan Desa Miskin, Advokasi Kemiskinan di 17 Kecamatan dan Tenaga Lokal untuk Padat Karya.

"Ini secara komperhensif dilakukan. Bahkan tadi kreativitasnya mulai ibu hamil diperhatikan, edukasi lewat lembaga keagamaan tiap Jumat dilakukan. Kemudian memetakan daerah yang secara spasial kita bsia tahu daerahnya di mana saja," tutur Ganjar.

Sebagai informasi, pada tahun 2022, Pemkab Brebes berhasil menurunkan persentase penduduk miskin sebesar 1,38 persen. Ganjar pun berharap penduduk miskin bisa turun lagi di tahun 2023. (Ant/OL-13)

BERITA TERKAIT