21 December 2022, 23:14 WIB

Imunisasi Polio Putaran Kedua di Aceh Mulai Januari 2023


M. Iqbal Al Machmudi | Nusantara

Antara
 Antara
Petugas kesehatan memberikan vaksin polio tetes kepada balita di wilayah Aceh.

SUB Pekan Imunisasi Nasional (SUB PIN) Polio putaran kedua di seluruh kabupaten/kota wilayah Aceh akan dilakukan pada Januari 2023.

"Sub PIN putaran ke dua akan kita mulai pada minggu ke-4 Januari 2023," ujar Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi, Rabu (21/12).

Adapun SUB PIN Polio putaran kedua akan diperpanjang, sehingga seluruh anak yang berusia 0-12 tahun di Aceh dapat terjangkau program imunisasi.

Baca juga: Imunisasi Polio Serentak di Aceh Barat

"Kita lakukan tambahan waktu untuk petugas melakukan sweeping, sampai target tercapai dalam 2 minggu ke depan," imbuh Nadia.

Pemerintah menargetkan imunisasi polio di Aceh untuk 1,2 juta anak. Di wilayah Aceh Tengah, imunisasi polio mencapai 94,5% dan masih terus dilakukan penelusuran, agar semua anak divaksin polio.

Baca juga: KIPI Vaksin Polio dari Ringan Hingga Berat

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Tengah Yunasri mengatakan pihaknya masih menggencarkan vaksinasi polio di 14 kecamatan. "Kita melacak anak-anak untuk diimunisasi polio. Bekerja sesuai arahan pusat. Kami tidak main-main menjalankan kegiatan ini," tegasnya.

Dalam sepekan terakhir, pihaknya sudah mencapai imunisasi polio kepada anak sekitar 94,6% dari target. "Koordinasi dengan pihak lain berjalan lancar. Tidak ada hambatan dalam pelaksanaan imunisasi polio di Aceh Tengah," kata Yunasri.(OL-11)

BERITA TERKAIT