09 December 2022, 21:30 WIB

PUPR: Rumah Menteri di Kawasan Inti IKN Mulai Dibangun


Insi Nantika Jelita | Nusantara

Antara
 Antara
Pengunjung berfoto di kawasan Titik Nol Nusantara di Kalimantan Timur.

KEMENTERIAN Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mulai membangun rumah pejabat menteri di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Nusantara (KIPP IKN), Kalimantan Timur.

"Pelaksanaan pekerjaan dimulai sejak 7 Desember 2022 dengan waktu penyelesaian selama 550 hari kalender," ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto dalam keterangannya, Jumat (9/12).

Adapun pekerjaan proyek tersebut ditargetkan selesai pada Juni 2024. Rencananya, pemerintah membangun 36 unit rumah jabatan menteri dengan dua tipe, yakni tipe downslope dan upslope, dengan luas bangunan 580 meter persegi dan luas lahan 1.000 meter persegi.

Baca juga: Dayak Center di IKN, Apresiasi Jokowi Akomodasi Kearifan Lokal

Kementerian PUPR telah menunjuk penyedia jasa PT Adhi Karya (Persero) Tbk Kerja Sama Operasi (KSO) dengan PT Ciriajasa Engineering Consultant untuk pelaksana pembangunan hunian tersebut.

Untuk paket Manajemen Kontruksi Pembangunan Rumah Tapak Jabatan Menteri di KIPP IKN akan dilaksanakan oleh PT Yodya Karya (Persero)-PT Indah Karya (Persero)-PT Surya Perkasa Raya KSO.

Baca juga: Finlandia Tertarik Investasi Pengelolaan Air Limbah di IKN

Pembangunan akan tetap mengedepankan lingkungan yang hijau dengan menanami pohon di lokasi perumahan, agar tetap rindang dan nyaman dihuni. Wilayah daratan IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara memiliki luas 256.142 hektare.

Diketahui, KIPP IKN mempunyai luas 6.671 hektare, yang terdiri KIPP 1A (Pemerintahan Inti), KIPP 1B (Pemerintahan Pendidikan) dan KIPP 1C (Pemerintahan Kesehatan).(OL-11)

BERITA TERKAIT