06 December 2022, 22:51 WIB

Puluhan Rumah di Dua Desa Sidoarjo Rusak Diterjang Angin Kencang


Heri Susetyo | Nusantara

DOK.MI
 DOK.MI
Ilustrasi

PULUHAN rumah di Desa Bungurasih dan Desa Medaeng, Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, rusak diterjang angin kencang yang melanda wilayah setempat, Selasa (6/12).
 
Salah satu warga, Anton, mengatakan, angin kencang yang berlangsung selama beberapa menit merusak puluhan rumah di wilayah tersebut.
 
"Hanya beberapa menit angin datang dan merusak puluhan rumah warga. Terutama kerusakan pada bagian atap," ujarnya.
 
Ia mengatakan warga berharap bantuan dari pemerintah segera diberikan terutama material bahan bangunan untuk rumah yang mengalami kerusakan.
 
"Kami berharap, material bahan bangunan segera diberikan supaya rumah warga yang mengalami kerusakan bisa segera diperbaiki," ujarnya.
 
Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor juga langsung turun meninjau lokasi yang terdampak dan dari laporan yang diterima terdapat 68 rumah warga di Desa Medaeng terdampak, sementara di Desa Bungurasih ada 58 rumah warga.
 
"Tapi kerusakan lebih fatal di Bungurasih," katanya.
 
Muhdlor mengatakan pendataan yang lebih detail akan dilakukan terkait kerusakan akibat angin kencang tersebut. Pemerintah daerah juga akan hadir untuk membantu kebutuhan material guna perbaikan.
 
"Warga bisa perbaiki dulu, nanti Pemkab akan bantu pengadaan materialnya," ujarnya.


Baca juga: Kementan telah Salurkan Bantuan Rp29 Miliar untuk Korban Gempa Cianjur

 
Ia juga meminta kepada warga supaya lebih waspada terhadap bencana hidrometeorologi saat puncak musim hujan saat ini.
 
"Kalau untuk angin kencang, mitigasi yang dilakukan adalah pascakejadian. Beda dengan banjir yang bisa dilakukan mitigasi sebelum
kejadian," ujarnya.
 
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sidoarjo Dwijo Prawito mengatakan untuk atap rumah yang rusak dibantu terpal oleh Pemkab Sidoarjo.
 
"Yang penting warga tidak kepanasan dan kehujanan," ucapnya.
 
Merespons kejadian ini, personel Sat Samapta Polresta Sidoarjo, Polsek Waru, Koramil Waru, BPBD Sidoarjo, Satpol PP dan relawan turun ke lokasi. Ada yang membantu warga, membersihkan puing-puing reruntuhan bangunan, pohon tumbang dan pembenahan kerusakan atap rumah warga.
 
Kasat Samapta Polresta Sidoarjo Kom Warih Hutomo mengatakan ada rumah warga dan bangunan di Desa Bungurasih dan Desa Medaeng yang mengalami kerusakan pada bagian atap akibat hujan deras dan angin kencang.
 
Oleh karena itu, personel polisi TNI, BPBD, relawan bersama warga melakukan kerja bakti bersama untuk membersihkan puing-puing dan pembenahan rumah warga.
 
"Untuk detail dan jumlah rumah warga yang mengalami kerusakan data ada di pihak pemerintah desa atau BPBD. Syukurlah tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Semoga situasi segera membaik," katanya. (Ant/OL-16)
 

 

BERITA TERKAIT