05 December 2022, 10:52 WIB

Danau Toba Jadi Destinasi Berbasis Energi Hijau Pertama di Indonesia


Insi Nantika Jelita | Nusantara

MI/SUMARYANTO
 MI/SUMARYANTO
Danau Toba

DESTINASI Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba menjadi DPSP pertama di Indonesia yang mendapt pasokan listrik dari energi hijau PT PLN (Persero)

Melalui sertifikat Renewable Energy Certificate (REC), DPSP Danau Toba dipasok 10 megawatt hour (MWh) dan siap menjadi tujuan wisata yang turut mengurangi emisi karbon.

“Penggunaan REC bukan hanya keuntungan bagi pengelola, tapi pengalaman dari wisatawan untuk ikut berkontribusi menjaga lingkungan," kata Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Jimmy Bernando Panjaitan dalam keterangan resmi, Senin (5/12).

Baca juga: Gelar Pelatihan Kewirausahan di Destinasi Wisata, Kemenparekraf Dorong Pelaku Pariwisata Jadi Wirausaha Andal

Ia berkeyakinan dengan penggunaan energi hijau, promosi pariwisata Danau Toba di mata dunia akan lebih menarik. 

Menurut Jimmy, isu penggunaan energi bersih di kawasan Danau Toba sejak lama dibahas dan baru terealisasi saat ini.

"Ke depannya, seluruh kawasan ini juga akan mengusung energi hijau berkelanjutan lewat kendaraan listrik,” tambahnya.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Utara Tonny Bellamy menyampaikan, dukungan terhadap green tourism atau pariwisata hijau tengah dipenuhi secara bertahap. 

Di kawasan Danau Toba sudah disediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang berlokasi di Parapat.

"Dan rencananya akan segera diresmikan SPKLU di Balige dan Pulau Samosir,” ungkapnya.

Tonny menegaskan dukungan terhadap program transisi energi pemerintah untuk netralitas karbon di 2060. Hingga saat ini, realisasi bauran energi baru terbarukan di Sumatra tercatat mencapai 40,06%

"Kami akan terus berupaya meningkatkan bauran tersebut sesuai dengan potensi sumber daya alam di wilayah tersebut," ujar Tonny.

Nantinya, PLN juga akan menyuplai kebutuhan listrik pengembangan kawasan DPSP Danau Toba dengan total 24,87 megawatt (MW) yang akan disediakan secara bertahap. (OL-1)

BERITA TERKAIT