04 December 2022, 06:46 WIB

Gempa Guncang Kota Tasikmalaya Warga Berhamburan keluar Rumah


Adi Kristiadi | Nusantara

MI/Adi Kristiadi
 MI/Adi Kristiadi
Penjabat Wali Kota dan Kalak BPBD Kota Tasikmalaya, mengunjungi saturumah terdampak gempa magnitudo 6,4 terjadi di wilayah Kabupaten Garut.

GEMPA berkekuatan magnitudo 2,9 guncang Kota Tasikmalaya, Jawa Barat Minggu (4/12) sekitar pukul 04.34 WIB berada di 9 kilometer Tenggara Kota Tasikmalaya dengan titik 7.39 LS, 108.23 BT kedalaman 10 kilometer. Gempa tersebut cukup kuat membuat warga keluar rumah mencari area terbuka.

Kepanikan makin menjadi saat beberapa menit gempa susulan terjadi, dengan kekuatan magnitudo 2,8 pukul 04.39 WIB. Warga yang hendak shalat subuh kembali dikejutkan dengan getaran gempa susulan.

Berdasarkan informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa magnitudo 2.9, terjadi sekitar pukul 04.34 WIB, Lok 7.39 LS, 108.23 BT berada di 9 kilometer Tenggara Kota Tasikmalaya, kedalaman 10 kilometer. Gempa susulan magnitudo terjadi 2,8 pukul 04.39 WIB, Lok 7.38LS, 108.23BT 8 kilometer Tenggara Kota Tasikmalaya berada di kedalaman 10 kilometer.

Deni, 44, warga Kota Bandung mengatakan, dirinya merasakan dua kali gempa di wilayah Kota Tasikmalaya terjadi pagi hari membuat semua keluarganya menyelamatkan diri dan menjauhi bangunan rumah. Deni kebetulan ada di Tasikmalaya karena ada urusan keluarga, kejadian ini menakutkan karena getarannya sangat kuat terasa bergoyang.

"Alhamdulilah, semua keluarga memanjatkan doa Allahumma inni asaluka khairaha wa khaira ma fiha, wa khaira ma arsalta bihi, wa audzubika min syarriha, wa syarri ma fiha wa syarri ma arsalta bihi. Getaran pertama kami keluar rumah, mau masuk rumah ehh ada gempa lagi. kami tunggu di luar rumah lagi menunggu kondisi aman," kata Deni, Minggu (4/12/2022).

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kota Tasikmalaya Ucu Anwar mengatakan, gempa yang terjadi getarannya cukup kuat dan dirasakan oleh warga. Sementaraini belum ada informasi terkait kerusakan gempa.

"Untuk kerusakan rumah yang terjadi pagi hari ini belum mendapat laporan. Pada gempa Garut berkekuatan magnitudo 6,4 yang terjadi Sabtu (3/12) sekitar pukul 16.49 WIB kemarin, ada satu rumah milik Isah, 65, warga Jalan Gunung Karikil, RT 05 RW 07, Kelurahan Tuguraja, Kecamatan Cihideung yang rysak. Rumah tersebut rusak pada bagian atapnya setelah getaran terjadi, dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa tapi pemerintah langsung menanganinya," ujarnya. (OL-13)

Baca Juga: Pencarian Korban Hilang Gempa Cianjur Diusulkan Diperpanjang Lagi

 

BERITA TERKAIT