02 December 2022, 21:35 WIB

Jumat Curhat, Kapolda Sulawesi Utara Pantau Harga Sembako di Pasar Bersehati Manado


Voucke Lontaan | Nusantara

MI/VOUCKE LONTAAN
 MI/VOUCKE LONTAAN
Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Setyo Budianto mengabadikan momen kebersamaan dengan warga setelah menggelar Jumat Berkah di Manado

KAPOLDA Sulawesi Utara Inspektur Jenderal  Setyo Budiyanto berdialog dengan pedagang, dan nelayan di Pasar Tradisonal  Bersehati Manado. Kegiatan rutin ini bertajuk "Jumat Curhat" diprogramkan setiap Jumat.

Jumat (2/12) Kali ini Kapolda Irjen Setyo Budiyanto, menyambangi kawasan Pasar Berhati Manado. Selain berdialog dengan pedagang,  nelayan, tokoh masyarakat, dan tokoh agama, Kapolda juga memantau langsung harga kebutuhan pokok menjelang perayaan Natal dan tahun baru.

Di lokasi, Kapolda Budiyanto duduk bersama masyarakat sambil mendengarkan langsung curhatan mereka terkait kamtibmas, dirangkaikan dengan sesi tanya jawab.

Kapolda didampingi Direktur Binmas, Kabid Humas, Kapolresta Manado, dan Kepala PD Pasar Manado. "Jumat Curhat ini merupakan salah satu cara untuk menjalin silaturahmi dan komunikasi dengan warga masyarakat dari berbagai kalangan," ujar Budiyatno.

Dia menambahkan tujuannya untuk bisa melakukan hubungan komunikasi dan bisa memberikan informasi pada masyarakat. "Kami juga bisa menampung apa yang menjadi keluh kesah dari masyarakat atau bahkan sampai pada saran dan kritikan."


Informasi

 

Dari kegiatan Jumat Curhat yang telah berjalan selama tiga pekan terakhir ini, lanjut Budiyanto pihaknya banyak mendapatkan informasi seputar masalah kamtibmas, kenakalan remaja, BBM, dan permasalahan lainnya.

"Semuanya pasti akan kami tindak lanjuti sesuai dengan porsi masing-masing. Ada beberapa hal yang menjadi atensi dan sudah kami lakukan sejak saya menjabat di sini. Dengan informasi yang disampaikan oleh masyarakat, semakin menjadi tekad bagi saya untuk menciptakan dan mengkondisikan supaya Sulawesi Utara khususnya di Kota Manado ini semua aman, tertib, dan nyaman," tegasnya.

Menurut Kapolda kegiatan rutin setiap Jumat yang juga merupakan salah satu tugas Polri ialah dalam hal pengawasan bahan pangan.

"Mendekati Natal dan tahun baru tentu tugas kami salah satunya adalah melakukan pengawasan terhadap pangan yang tersedia di wilayah Sulawesi Utara," paparnya.

Dia menambahkan dalam hal pengawasan ketersediaan dan harga bahan pangan, ada Satgas Pangan mulai dari tingkat Polda hingga Polresta dan Polres jajaran.

"Tugasnya adalah melakukan pengecekan baik di gudang, ritel, pengecer termasuk juga di pasar-pasar tentang kenaikan atau harga-harga yang masih stabil," kata Budiyanto.

Ia menegaskan, kalau ada indikasi terjadinya penimbunan, sengaja untuk menyimpan barangnya dengan cara-cara yang tidak sesuai aturan, dengan tujuan menaikkan harga, maka perlu ditindak.

"Ada tahapan-tahapannya, mulai dari imbauan sampai kepada tindakan-tindakan secara hukum," tandas Irjen Setyo Budiyanto. (N-2)

BERITA TERKAIT