01 December 2022, 19:17 WIB

Kasus HIV/AIDS Di Kota Palu Bertambah


M Taufan SP Bustan | Nusantara

DOK MI
 DOK MI
Ilustrasi

PEMERINTAH Kota Palu, Sulawesi Tengah, melaporkan adanya penemuan 151 kasus HIV/AIDS di kota itu dalam kurun waktu 10 bulan.

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Kesehatan Lingkungan Dinas Kesehatan (Dinkes) Palu, Rochmat Jasin mengatakan, dari 151 kasus itu, ada penambahan 38 kasus. "Karena kasus di 2021 hanya 113 warga yang terinfeksi. Jadi tahun ini memang ada peningkatan," terangnya di Palu, Kamis (1/12). 

Menurut Rochmat, jumlah 151 kasus itu juga ditemukan periode Januari hingga Oktober 2022. Dan untuk data terbaru khususnya November hingga Desember belum dirnlis. "Kita berharap November dan Desember tidak ada penambahan kasus lagi," harapnya.

Rochmat menyebutkan, dengan jumlah kasus setinggi itu sehingga harus ada langkah srategis untuk melakukan pencegahan dan penanggulangan agar tidak menginfeksi orang lain. Pasalnya, dampak dari penyakit tersebut bila tidak ditangani dengan cepat, bisa menyebabkan kematian kepada penderitanya. "Karena itu Dinkes Palu terus melakukan pelbagai upaya dengan turun langsung ke lapangan," tegasnya.

Rochmat memaparkan, bahwa salah satu langkah yang sudah berjalan yakni pencegahan dan penanggulangan melalui promosi kesehatan atau promkes kepada masyarakat. Pun demikian, program tersebut tidak cukup hanya dilakukan dalam waktu singkat, karena langkah tersebut harus berkesinambungan dengan melibatkan pelbagai pihak.

"Semua pihak yang ada kota ini memang harus berperan. Karena satu kasus ditemukan, maka rantai penularannya wajib ditemukan juga untuk diputus," ungkapnya.

Rochmat menambahkan, salah satu penularan penyakit HIV/AIDS melalui hubungan seksual dengan orang yang terinfeksi dan tanpa menggunakan alat pengaman.

"Penularan penyakit itu sangat cepat sampai berdampak pada menurunnya sistem kekebalan tubuh hingga ke titik paling lemah dengan efek yang ditimbulkan merusak kesehatan dari tahap ringan hingga berat," tandasnya. (OL-15) 

BERITA TERKAIT