29 November 2022, 15:30 WIB

Cianjur Jadi Prioritas Penyaluran Bansos Kementerian Sosial


Benny Bastiandy | Nusantara

DOK MI
 DOK MI
Ilustrasi

KELUARGA penerima manfaat (KPM) bantuan langsung tunai (BLT) BBM tahap kedua sekaligus bantuan sembako dan PKH di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, diprioritaskan. Kondisi tersebut mengingat saat ini warga Kabupaten Cianjur sedang mengalami duka akibat gempa bermagnitudo 5,6.

Direktur Bisnis Jasa Keuangan PT Pos Indonesia, Haris, menjelaskan Kementerian Sosial menginstruksikan PT Pos Indonesia memprioritaskan penyaluran berbagai bantuan sosial kepada KPM warga Kabupaten Cianjur yang sedang dilanda bencana. Bantuan yang disalurkan saat ini yakni BLT BBM tahap kedua masing-masing sebesar Rp150 ribu per bulan. Sementara penyaluran tahap pertama sudah dilakukan pada September.

"November ini kita menyalurkan BLT BBM tahap kedua, Oktober dan November. Bedanya mungkin BLT BBM tahap kedua ini, pemerintah juga menitipkan penyaluran bantuan sembako triwulan keempat meliputi Oktober, November, dan Desember masing-masing Rp200 ribu atau total Rp600 ribu. Ditambah juga PKH. Bantuan PKH itu beragam, mulai Rp225 ribu hingga Rp3 juta. Jadi kali ini kita salurkan tiga bantuan sekaligus," terang Haris saat memantau penyaluran bantuan di Kantor Pos Cianjur, Selasa (29/11).

Dengan kondisi wilayah di Kabupaten Cianjur yang sedang dilanda bencana, kata Haris, PT Pos Indonesia menyiapkan tiga skema penyaluran. Pertama pembayaran langsung di kantor pos, kedua mendatangi langsung setiap komunitas yang dikumpulkan di satu titik, dan pembayaran langsung ke setiap masyarakat penerima.

"Ini sedang didata oleh Kantor Pos Cianjur. Manakala ada kondisi akses jalan yang terputus, tim kami yang akan langsung, sehingga masyarakat yang terdampak gempa bisa terbantu dengan bantuan sosial ini. Kami akan jemput bola," ucapnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT