28 November 2022, 09:12 WIB

Menkes Targetkan Seluruh Kabupaten/Kota Bisa Melayani Operasi Jantung


Theofilus Ifan Sucipto | Nusantara

MI/Dwi Apriani
 MI/Dwi Apriani
Tim dokter dari RSUD Sekayu melakukan operasi jantung.

MENTERI Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menginstruksikan seluruh wilayah di Indonesia bisa melakukan operasi jantung. Hal itu supaya angka kematian akibat penyakit itu bisa ditekan.

"Saya minta 514 kabupaten/kota bisa operasi pasang ring. Semua provinsi harus bisa operasi gagal jantung terbuka dan bedah otak terbuka," kata Budi dalam keterangan tertulis, Senin (28/11).

Budi mengungkapkan butuh bantuan dokter spesialis jantung untuk melakukan operasi jantung pasang ring di 514 kabupaten/kota. Kemudian butuh anggaran hingga Rp31 triliun hingga 2027 untuk mewujudkan target itu.

Baca juga: Pakar: Atasi Penyakit Jantung dengan Preventif, bukan Kuratif

"Untuk tahap 1, Kemenkes menyediakan anggaran Rp17,9 triliun dan Rp13,1 triliun di tahap 2," tutur mantan Wakil Menteri BUMN itu.

Budi mengatakan penyakit jantung menjadi penyebab utama kematian di Indonesia. Bahkan, tren penyakit jantung meningkat dari 0,5% pada 2013 menjadi 1,5% pada 2018.

"Berdasarkan data BPJS Kesehatan pada 2021, pembiayaan kesehatan terbesar ada pada penyakit jantung sekitar Rp7,7 triliun," ujar dia.

Selain itu, 50 ribu dari 4,8 juta bayi lahir setiap tahunnya memiliki penyakit jantung bawaan. Kemudian 20 ribu dari 50 ribu bayi itu harus operasi jantung terbuka dalam satu tahun.

"Sehingga harus dilakukan penguatan pada layanan primer melalui edukasi, pencegahan, dan meningkatkan kapasitas serta kapabilitas layanan primer," tegas Budi. (OL-1)

BERITA TERKAIT