16 November 2022, 18:41 WIB

BPBD Padang Tangani Material Longsor di Dua Lokasi Bencana


Yose Hendra | Nusantara

DOK.MI
 DOK.MI
Ilustrasi

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang, Sumatra Barat, menangani material longsor di dua lokasi, akibat hujan deras mengguyur daerah setempat, Rabu (16/11) siang hingga sore hari.
 
"Hujan yang turun dalam durasi lama menyebabkan tanah longsor di dua lokasi, personel BPBD beserta insan kebencanaan sudah dikerahkan ke lokasi untuk membersihkan material longsor," kata Kepala Pelaksana BPBD Padang Endrizal di Padang, Rabu.
 
Ia mengatakan longsor terjadi di leter S Tugu, RT03/RW03 Kelurahan Teluk Kabung Tengah, Kecamatan Bungus Teluk Kabung.
 
Material longsor yang menutup sebagian badan jalan menuju Sungai Pisang mengakibatkan gangguan akses transportasi warga.
 
Longsor juga terjadi di RT01/RW01 Teluk Bayur, Kelurahan Gates Nan XX, Lubu Begalung. Material longsor mengancam satu rumah warga.
 
"Pengerjaan material longsor sudah dilaksanakan oleh petugas supaya akses jalan masyarakat tidak terganggu dan tidak membahayakan warga," katanya.


Baca juga: BMKG Imbau Warga Sulut Waspadai Cuaca Ekstrem

 
Di tengah kondisi cuaca di mana hujan berlangsung lama, BPBD Padang telah melakukan persiapan untuk mengantisipasi serta menangani bencana.
 
"Kami sudah menyiagakan personel serta berkoordinasi dengan instansi terkait dalam penyediaan alat berat jika sewaktu-waktu dibutuhkan," katanya.
 
Untuk dukungan alat berat dalam penanganan bencana tersebut, pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum, Balai Jalan Kementerian Pekerjaan Umum, dan PT Semen Padang.
 
Hingga pukul 17.30 WIB, BPBD Padang masih menyiagakan sekitar 60 personel demi mengantisipasi kejadian bencana.
 
"Puluhan personel kami siagakan mengingat kondisi cuaca yang masih hujan, kami mengimbau warga untuk tetap hati-hati hingga malam nanti," katanya. (Ant/OL-16)

BERITA TERKAIT